Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Sangat Miskin di DKI Mendapat KTP dan SIM C Gratis

Keluarga Sangat Miskin di DKI mendapat bantuan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Surat Izin Mengemudi secara gratis.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Keluarga Sangat Miskin di DKI mendapat bantuan pembuatan Kartu Tanda Penduduk dan Surat Izin Mengemudi secara gratis.

Sebanyak dua ratus warga yang termasuk golongan Keluarga Sangat Miskin (KSM) di DKI Jakarta mendapat pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) C pada Kamis (31/3).

Pelayanan pembuatan KTP dan SIM bagi warga miskin tersebut tidak dikenakan biaya karena pemerintah bekerja sama dengan beberapa perusahaan seperti PT Yamaha Indonesia, PT Pos Indonesia, dan PT AJE Indonesia.

Dalam siaran pers yang diterima Jumat (1/4/2016), Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Masrokhan mengatakan pelayanan KTP dan SIM gratis tersebut merupakan wujud sinergitas antara Kementerian Sosial, Dinas Sosial DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

"Kami selalu berupaya bekerja sama dengan pihak manapun terkait kepedulian terhadap warga kurang beruntung. Kami akan memfasilitasi ketika ada individu maupun lembaga yang memberikan bantuan bagi mereka," ujar Masrokhan.

Untuk melancarkan kegiatan tersebut, Dinsos DKI Jakarta menyediakan fasilitas tempat di Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur.

Ia berharap tempat yang cukup luas itu bisa membantu mempermudah pelayanan pembuatan KTP dan SIM C bagi KSM.

"Kami juga mengerahkan para pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang ada di tiga kecamatan. Karena 200 orang yang mendapatkan pelayanan merupakan penerima PKH dari tiga kecamatan yang ada di Jakarta Timur. Kecamatan Cakung, Duren Sawit, Jatinegara, dan Pulogadung," kata Masrokhan.

Sementara itu, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan pelayanan pembuatan KTP dan SIM adalah bagian dari salah satu upaya penanganan warga miskin.

"Apalagi sekarang kita melihat maraknya pelayanan free order. Ini sangat membantu penguatan income dan memberi manfaat bagi mereka. Ketika mereka punya SIM, mereka bisa ikut bekerja untuk pelayanan free order," ujar Khofifah.

Pelayanan ini, katanya, sedikit banyak membantu dalam percepatan pelayanan peningkatan kesejahteraan sosial keluarga miskin.

Ia berharap program-program serupa dapat terus dijalankan untuk menekan angka kemiskinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper