Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alur, Pameran 65 Karya Guru Seni Budaya

Sejumlah karya seni rupa dari guru seni budaya di Indonesia akan ditampilkan dalam pameran bertajuk Alur di Plaza Insan Berprestasi Gedung Ki Hadjar Dewantara, mulai 25 April hingga 6 Mei 2016. Sebanyak 65 karya seni rupa tampil dengan berbagai pendekatan material, media, dan teknik. Diantaranya, lukisan, patung, instalasi, objek, komik, keramik, grafis, drawing, batik, dan media pembelajaran.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah karya seni rupa dari guru seni budaya di Indonesia akan ditampilkan dalam pameran bertajuk Alur di Plaza Insan Berprestasi Gedung Ki Hadjar Dewantara, Jakarta, mulai 25 April hingga 6 Mei 2016.

Sebanyak 65 karya seni rupa tampil dengan berbagai pendekatan material, media, dan teknik. Diantaranya, lukisan, patung, instalasi, objek, komik, keramik, grafis, drawing, batik, dan media pembelajaran.

Sejumlah karya yang dipamerkan merupakan hasil seleksi dari 333 karya yang datang dari 213 sekolah yang mendaftar. Hingga akhirnya terpilih 65 karya dari 60 sekolah.

Pameran karya seni rupa dari guru seni budaya merupakan penyelenggaraan yang kedua, setelah sebelumnya pameran bertajuk Guru Seni Berlari yang melibatkan 111 peserta pada 2014 silam.

Salah satu tim kurator, Suwarno Wisetrotomo, menjelaskan Alur adalah atau jalan profesi yang dibangun dengan terstruktur, sadar, dan perlu diperjuangkan untuk meraih keberhasilan. Sama dengan guru seni budaya, dengan tugas mengajar dan administrasi lainnya, tetapi tetap mampu mengembangkan bakat seni rupanya.

Kurator pameran, Citra Smara Dewi, menjelaskan tema karya tersebut didominasi kritik sosial. Ada yang menerjemahkan kritik sosial melalui simbolisasi tokoh-tokoh pewayangan. Ada pula yang memilih pendekatan teknik lukis super realis yang prima. Pameran semakin berbobot dengan eksplorasi peserta dengan media yang berbeda, seperti ballpoint atau tinta cina.

"Berbagai latar belakang budaya, sosial, dan geografi para peserta menjadi kekuatan masing-masing karya," tuturnya seperti dalam rilis yang diterima Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper