Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom Bakal Bangun 5 Kampung Digital UKM di Bogor & Depok

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Regional Bogor menargetkan pembangunan lima kampung digital UKM sepanjang tahun ini sebagai langkah dukungan perseroan terhadap usaha rakyat.
Gedung Telkom di Bandung. /
Gedung Telkom di Bandung. /

Bisnis.com, DEPOK- PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Regional Bogor menargetkan pembangunan lima kampung digital UKM sepanjang tahun ini sebagai langkah dukungan perseroan terhadap usaha rakyat.

General Manager Telkom Bogor Asep Kartiwan mengatakan pihaknya telah meresmikan kampung digital usaha kecil dan menengah (UKM) di kawasan wisata Tegalwaru Kabupaten Bogor dan kampung UKM digital Belimbing Tugu Depok.

"Tahun ini kami baru resmikan dua kampung UKM digital di Kabupaten Bogor dan Depok. Nanti ada tiga kampung digital lagi yang akan kami resmikan," ujarnya di sela peresmian kampung digital UKM di Depok, Kamis (12/5).

Dia memaparkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan membangun kampung digital UKM di kawasan Cibonong, Citeureup dan kawasan lainnya di Kabupaten Bogor yang dinilai sebagai daerah yang sudah berkembang.

Menurutnya, pemberian dukungan perseroan tersebut dilakukan sebagai upaya mengejar program membangun 300 kampung digital UKM berskala nasional.

"Kami sasar para UKM yang sudah berjalan dan siap menjalani usaha. Jadi kami tinggal memberikan masukan bagaimana cara memenej usaha melalui online," paparnya.

Asep memaparkan perseroannya lebih fokus membantu dalam membantu akses marketing serta memfasilitasi akses broadband wifi hingga mencapai 100 megabyte dalam pembangunan kampung digital UKM tersebut. Selain itu pihaknya juga memberikan pelatihan manajemen marketing kepada para pelaku usaha UKM.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Pasar Kota Depok Ahmad Kafrawi mengatakan pelaku UKM di daerahnya tercatat mencapai 600 dan 25 asosiasi usaha kreatif yang tersebar di 11 kecamatan.

Pihaknya berharap pembangunan kampung digital UKM tersebut menghasilkan nilai tambah yang menjadikan usaha masyarakat Depok lebih maju bukan hanya di tingkat lokal dan nasional.

"Sebetulnya produk-produk UKM di Depok sudah banyak merambah nasional bahkan internasional. Tapi dengan adanya kampung digital UKM ini kami harap penjualan produk mereka lebih berkembang lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok Muhammad Fitriawan menuturkan pihaknya tengah mendata seluruh pelaku UKM di Depok untuk dipromosikan melalui situs resmi Pemkot Depok.

Dia menuturkan pihaknya akan segera membangun aplikasi khusus yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UKM agar penjualannya bisa tembus lebih luas lagi.

"Sementara kami tampilkan dulu database para UKM di Depok kanal khusus situs resmi Pemkot Depok. Tapi jika ada pihak lain yang membuatkan aplikasi khusus untuk membantu penjualan yang silahkan saja," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler