Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Kemarau Basah Disertai Hujan Lebat Berpotensi Picu Banjir

Pemerintah Kota Tangerang Selatan diminta agar mengantisipasi hujan lebat yang terjadi hampir setiap sore dan malam, termasuk di daerah Bogor sebagai hulu sungai yang melintasi wilayahnya.
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air hujan. Ilustrasi/JIBI
Sejumlah kendaraan melintasi genangan air hujan. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, TANGSEL-Pemerintah Kota Tangerang Selatan diminta agar mengantisipasi hujan lebat yang terjadi hampir setiap sore dan malam, termasuk di daerah Bogor sebagai hulu sungai yang melintasi wilayahnya.

Hujan lebat yang terjadi belakangan ini sering menimbulkan genangan air yang cukup dalam di beberapa ruas jalan antara lain di Jl Otista Raya depan Pasar Cimanggis Ciputat yang mencapai sekitar 20 cm.

Kondisi genangan air yang sama juga sering terlihat di Jl RE Martadinata depan supermarket Ramayana dan pertigaan Jl Aria Putra-Jl Merpati Raya serta sebagian ruas Jl Siliwangi yang sedang dilebarkan.

Selain itu juga luapan air Kali Cibenda, akibat hujan lebat daerah hulunya, di Bogor, menyebabkan sebagian wilayah Perurumahan Reni Jaya, Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, tergenang menjelang dan sudah perayaan Lebaran lalu.

Abdul Hakim, dosen perguruan tinggi swasta di Tangsel, mengatakan Pemkot Tangsel harus mengantisipasi musim kemarau basah sekarang ini yang sering diwarnai oleh hujan lebat pada sore atau malam hari.

“Sebab, pihak badan meteorologi dan geofisika sudah membuat prakiraan cuaca sekarang musim kemarau basah, yang artinya musim kemarau disertai dengan seringnya hujan lebat sehingga rawan bajir,” katanya, Rabu (27/7/2016).

Menurutnya, salah satu upaya yang harus dilakukan Pemkot Tangsel adalah merevitalisasi lahan konservasi dan resapan air berupa situ atau danau serta pengerukan kali dan pembebasan daerah aliran sungai dari bangunan liar.

Dia menjelaskan revitalisasi situ, terutama pembebasan dari bangunan liar, dilaksanakan di Situ Ciledug dan Situ Sasak Tinggi di Kecamatan Pamulang, Situ Perigi di Kecamatan Pondok Aren dan Situ Legoso atau Situkuru di Kecamatan Ciputat Timur.

Sumarwata, warga Cempaka Putih, Ciputat Timur, sebelumnya mengungkapkan banyak oknum warga main kucing-kucingan menguruk tepi situ menjadi daratan baru yang kemudian diatasnya dibangun bangunan untuk kepentingan pribadi.

Kondisi tersebut, lanjutnya, terlihat di Situkuru atau Situ Legoso di samping kampus UIN Ciputat, maupun situ-situ yang lain di wilayah Tangsel, sehingga fungsinya sebagai tempat penampungan air hujan dan daerah resapan menjadi terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper