Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peresmian Taman Pandang Istana Bakal Diramaikan dengan JakARTsipasi

Sabtu, (30/7/2016), di Taman Pandang Istana di Silang Laut Monumen Nasional akan digelar JakARTspirasi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dijadwalkan hadir pada acara yang menjadi persemian taman tersebut.
Taman baru di Monas, Taman Pandang Istana/Istimewa
Taman baru di Monas, Taman Pandang Istana/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Sabtu, (30/7/2016), di Taman Pandang Istana di Silang Laut Monumen Nasional akan digelar JakARTspirasi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dijadwalkan hadir pada acara yang menjadi peresmian taman tersebut.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (27/7/2016), JakARTspirasi akan diisi dengan rangkaian instalasi seni, aksi mural, pentas musik dan tari yang melibatkan beragam komunitas kreatif. Mulai dari anak-anak dan ibu rumah tangga seperti Pentas Anak SD Kembang, Hadiprana Art Center dan RAJUTKEJUT, kelompok penari Indonesian Dance Festival (IDF) dan musisi seperti Ruru Radio dan Ari-Reda, hingga seniman visual baik yang tergabung komunitas Kaligrafina dan Sketchwalker.

Ataupun ilustrator seperti Addy Debil, Aditya Pratama (sarkodit), Diela Maharanie, Dwie Judha, HeyTemanBaik, Irfan Nugroho (bulletos), Mahendra Nazar, Martcella & Owi Liunic, Muhammad Taufiq (Emte), Popomangun, Rega Ayundya, Rukmunal Hakim, Ruth Marbun, Srou Studio, dan Tutugraff x Sorak Suar Kegiatan-kegiatan JakARTspirasi dipilih sehubungan dengan fungsi dan tujuan pembangunan Taman ini sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan gagasan serta aspirasi melalui kegiatan kreatif dan kolaboratif.

Proyek pembangunan taman ini merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Holcim, CARAS Creative Placemaking dan seniman grafis Yasser Rizky. Seiring dengan kuatnya unsur tipografi dan seni dalam desain taman, JakARTspirasi mengajak Kaligrafina selaku komunitas lettering dan Sketchwalker sebagai komunitas gambar sketsa untuk turut terlibat dalam acara.

Kolaborasi dalam berkarya juga menjadi semangat yang diusung dalam JakARTspirasi. Lima belas seniman visual dan pelajar SD akan berpartisipasi dalam instalasi lampu aspirasi, sedangkan seniman graffiti Tutugraff akan bekerja sama dengan kelompok pelajar Sorak Suar dalam menghias dinding mural. Komunitas RAJUTKEJUT yang akan membuat instalasi rajutan pada pepohonan taman juga melibatkan kontribusi lebih dari 20 perajut. Ruru Radio akan melakukan siaran langsung dari lokasi dan memandu jalannya acara.

Untuk hiburan, akan ada pentas anak-anak dari SD Kembang dan penampilan tari oleh IDF. Keterlibatan IDF sekaligus sebagai road-show sebelum Indonesian Dance Festival 2016 yang akan diselenggarakan pada akhir tahun. Acara akan ditutup dengan penampilan musikalisasi puisi dari Ari-Reda. Bagi Suar Artspace, JakARTspirasi sesuai dengan misi Suar untuk mendekatkan seni kepada publik.

“Seni adalah medium berekspresi yang produktif dan taman kota bisa sekali digunakan untuk memayungi beragam kegiatan seni,” ujar Fika Julia, selaku ketua panitia JakARTspirasi. “Inilah makna membangun bersama. Semua lapisan bisa berkontribusi untuk memberikan solusi yang bermanfaat untuk masyarakat luas, ” ujar Direktur Marketing Holcim Dhamayanti Suhita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler