Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ratusan Bangunan Liar di Cipayung Dibongkar

Sebanyak 129 bangunan liar di Jalan Munjul Raya, RW 01 Munjul, Cipayung, Jakarta Timur dibongkar, Kamis (28/7).
Ilustrasi/Antara-Reno Esnir
Ilustrasi/Antara-Reno Esnir

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 129 bangunan liar di Jalan Munjul Raya, RW 01 Munjul, Cipayung, Jakarta Timur dibongkar, Kamis (28/7).

Pembongkaran dilakukan karena bangunan berdiri di atas jalur hijau milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (Kemen PU-PR). Nantinya lahan akan digunakan untuk jalur hijau.

Dalam penertiban ini, dua unit alat berat jenis beckhoe dan soffel dikerahkan. Satu per satu, bangunan semi permanen ini dirobohkan. Tidak ada perlawanan dari pemiliknya. Sebab sebelumnya sudah disosialisasikan terlebih dulu.

Camat Cipayung, Iin Mutmainah mengatakan, awalnya jumlah bangunan liar itu ada 176 unit. Namun 47 di antaranya sudah dibongkar pemiliknya. Sehingga tersisa 129 bangunan. Karena jumlah bangunan yang dibongkar cukup banyak maka pembongkaran dilakukan dua hari. Yakni hari Kamis ini dan Jumat (29/7) besok.

"Ada 129 bangunan liar yang berdiri di atas lahan Kemenpu PR dibongkar. Karena lahan akan digunakan untuk jalur hijau. Kami sudah sosialisasikan sebelumnya," kata Iin, saat memimpin jalannya penertiban, Kamis (28/7).

Menurutnya, seluruh bangunan semi permanen ini adalah milik pedagang kaki lima (PKL).  Bangunan digunakan untuk berjualan berbagai macam. Mulai dari warung makan, toko kelontong, toko plastik, kembang, perabot dan sebagainya. Mereka umumnya berjualan sejak tahun 2005 lalu. Sebagian bangunan pemiliknya memiliki kios di Lokbin Munjul.

"Sebelumnya, mereka sudah membuat pernyataan yang isinya bersedia membongkar bangunan jika lahan akan digunakan oleh PT Jasa Marga maupun Kemen PU-PR," tandasnya.

Penertiban ini melibatkan sekitar 85 petugas gabungan. Yakni dari unsur kelurahan, kecamatan, Satpol PP, Sudin Kebersihan, Sudin UKM, PT Jasa Marga, Kemenpu PR, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan dan unit terkait lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper