Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pascakelakaan Tunggal Truk Elpiji, Polantas Masih Mengurai Kemacetan Tol Jakarta-Bogor

Polresta Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengurai kemacetan lalu lintas di KM 44 Tol Jakarta-Bogor pacsakecelakaan tunggal truk elpiji pada Sabtu (3/9).
ilustrasi/Antara
ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Polresta Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengurai kemacetan lalu lintas di KM 44 Tol Jakarta-Bogor pacsakecelakaan tunggal truk elpiji  pada Sabtu (3/9).

"Kita masih melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Raya Jakarta-Bogor menuju Ciawi," kata Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Kabupaten Bogor, Jawa Barat AKP Silfia Sukma Rosa di Bogor, Minggu.

Hingga Minggu pukul 10.45 WIB, kata dia, proses evakuasi muatan elpiji masih dilakukan pihaknya akibat bobot muatan truk yang mencapai 20 ton terlalu berat jika dievakuasi menggunakan dua mobil Crane.

"Saat ini kita masih menunggu bantuan alat dari pihak PT Pertamina karena dua mobil crane kita tidak kuat mengakat talinya putus terus," katanya.

Dia mengatakan, meski kondisi lalu lintas sudah lancar namun truk beserta muatannya masih berada dalam satu jalur.

Sehingga kendaraan dari kedua arah Jakarta-Bogor menggunakan satu jalur di sampingnya, sedangkan beberapa kendaraan dialihkan ke jalan Bogor Raya.

"Truk tersebut telah berada di tempat kejadian sudah 19 jam," katanya.

Pada awalnya, truk mengalami kecelakaan setelah truk berjenis kapsul bermuatan tabung gas elpiji itu datang dari arah Jakarta menuju Ciawi pada pukul 14.50 WIB.

Setiba di tempat kejadian, kata dia, truk mengalami gangguan pada bagian mesin. Kemudian kendaraan berhenti di bahu jalan, lalu pengemudi membuka kap mesin, tiba- tiba kendaraan bergerak mundur ke belakang dengan kondisi tanpa pengemudi.

Akibat rem tangan yang tidak maksimal, kapsulnya terbalik miring di antara lajur 1 dan lajur 2 dengan posisi kepala truk normal, akibatnya dua lajur tertutup kapsul elpiji, sehingga jalur yang bisa dilewati bahu luar maka terjadilah kecelakaan.

Ia mengatakan, truk tersebut milik agen resmi PT Pertamina dari kantor di Jakarta.

"Pihak perusahaan sudah datang ke lokasi semalam untuk melihat langsung tinggal menunggu bantuan bantuan alat saja dari sana," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper