Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebanyak 95.508 Hewan Kurban Disembelih di Jakarta

Pemprov DKI mencatat sebanyak 95.508 hewan kurban dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) dan berbagai masjid yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota pada Hari Raya Iduladha 2016.
Sapi
Sapi

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI mencatat sebanyak 95.508 hewan kurban dipotong di rumah pemotongan hewan (RPH) dan berbagai masjid yang tersebar di lima wilayah Ibu Kota pada Hari Raya Iduladha 2016.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat merinci setidaknya ada 21.709 ekor sapi, 248 ekor kerbau, 68.737 ekor kambing dan 4.815 ekor domba.

"Sebanyak 95.508 hewan kurban yang akan disembelih tersebut tersebar di 1.495 lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta, " ujarnya, Senin (12/9/2016).

Dia menuturkan, hewan kurban yang akan dipotong baik oleh Pemprov DKI dan warga Jakarta pada Hari Raya Idul Adha tahun ini mengalami kenaikan sangat dibandingkan tahun lalu.

"Hewan kurban yang nanti dikurbankan di Jakarta itu 95.508 ekor. Luar biasa, alhamdulilah. Berarti ini kenaikan 100 % dibandingkan dengan tahun yang lalu‎," imbuhnya.

Untuk memeriksa puluhan hewan kurban yang disembelih bertepatan pada Idul Adha 10 Zulhijah pada hari ini, Pemprov DKI Jakarta telah menggandeng pihak berkompeten dibidangnya seperti Ikatan Dokter Hewan Jakarta serta Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam penyediaan tenaga pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

"Kami menerjunkan petugas dan dokter hewan ke RPH dan Masjid-masjid untuk mengecek. Tujuannya agar kami bisa memastikan betul di Jakarta semua hewan kurab bener-benar bebas dari penyakit antraks," jelasnya.

Djarot menerangkan kegiatan tersebut kerjasama dengan ikatan dokter hewan, kemudian sama-sama dengan IPB sama Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP).

"Total ada 808‎ petugas yang akan memeriksa semua hewan kurban di 1.495 lokasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper