Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dinobatkan Kota Terburuk Bagi Pengendara, Bima Arya Berjanji Evaluasi Kinerja

Wali Kota Bogor Bima Arya berjanji akan mengevaluasi sistem transportasi di wilayahnya seiring Bogor dinobatkan sebagai daerah terburuk bagi pengendara dalam survey Waze.
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto/Antara
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto/Antara

Bisnis.com, BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya berjanji akan mengevaluasi sistem transportasi di wilayahnya seiring Bogor dinobatkan sebagai daerah terburuk bagi pengendara dalam survey Waze.

"Terlepas dari metodologi, survei, dan faktor lain, yang jelas faktanya Kota Bogor memang semakin macet. Ini menjadi bahan untuk terus dievaluasi agar semua bekerja lebih keras," ujarnya, Minggu (18/9/2016).

Menurutnya, pertumbuhan kendaraan di Kota Bogor mencapai sekitar 13% atau lebih tinggi dibandingkan peningkatan performa infrastruktur jalan yang hanya 1%. Hampir setiap pekan, lanjut dia, terdapat penambahan sekitar 800 kendaraan roda dua dan 200 mobil.

"Lain lagi hampir 400.000 orang setiap pekan datang ke Kota Bogor," ujarnya.

Oleh karena itu, guna mengatasi masalah kemacetan tersebut pihaknya akan melakukan beberapa langkah antara lain penambahan petugas di lapangan dan bekerjasama dengan petugas kepolisian untuk lebih tegas lagi disiplin lagi jangan sampai ada pembiaran.

Demikian juga, sambungnya, dengan pengunjung kebun raya yang mencapai 1000 orang tiap harinya dan membengkak hingga 10.000 orang di akhir pekan. Kondisi tersebut tidak didukung dengan sarana parkir yang memadai di kebun raya. 

"Ini persoalan utama. Jadi bagaimana mengelola tempat parkir, jangan sampai ada parkir liar dimana-mana," ujarnya.

Sebelumnya pengelola piranti lunak Waze merilis indeks tempat terbaik dan terburuk bagi pengendara di dunia. Hasilnya, Bogor tercatat sebagai kota terburuk bagi pengendara kedua setelah Kota Cebu, Filipina. Adapun peringkat ketiga adalah San Salvador, El Salvador.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper