Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Cari Bakal Cawagub: Anies, Saefullah, atau Mardani?

Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, sudah bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.
Sandiaga Uno/Antara
Sandiaga Uno/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Gubernur DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Sandiaga Salahuddin Uno, sudah bertemu dengan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan.

"Tadi malam, pertama kali ketemu setelah beliau tidak lagi menjabat. Kami kedepankan pentingnya untuk Koalisi Kekeluargaan menangkap aspirasi rakyat," kata Sandiaga di posko pemenangannya, di Jakarta Selatan, Selasa (20/92016).

Sandiaga mengungkapkan, pertemuan itu digelar di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Saat itu, dia duduk bersama Anies dan membahas tatanan Indonesia yang lebih luas, yakni soal pendidikan, keberagaman, dan Jakarta.

Sandiaga pun menyinggung soal pentingnya pertemuan dengan Anies. Sebab, mantan Rektor Universitas Paramadina itu mulai mencuat di survei pemilihan kepala daerah DKI 2017.

"Sebetulnya dia ingin istirahat, tapi karena Jakarta, ada beberapa elemen masyarakat yang terjaring di kalangan survei bahwa dia patut dipertimbangkan, saya rasa penting  duduk sama beliau," ujar Sandiaga.

Terkait kemungkinan keduanya akan berpasangan sebagai calon gubernur-wakil gubernur DKI Jakarta, Sandiaga tidak menjawabnya secara tegas. Dia hanya menyebut bahwa Anies tengah menunggu keputusan Koalisi Kekeluargaan.

"Apapun menjadi keputusannya, kami (Sandiaga dan Anies) hormati dan pegang sebagai keputusan kolektif, mengedepankan Jakarta lebih baik," kata dia.

Sandiaga mengungkapkan, sudah lama menjalin persahabatan dengan Anies. Bahkan, menurut dia, Anies yang pertama kali memberinya saran untuk maju Pilkada DKI 2017. Saat itu, Sandiaga menuturkan, Anies meminta dirinya agar maju dan membawa perubahan bagi Ibu Kota.

Hingga kini, belum jelas sosok yang akan bersanding dengan Sandiaga sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Partai Keadilan Sejahtera telah menawarkan kadernya, Mardani Ali Sera, kepada Partai Gerindra untuk menjadi calon wakil gubernur. Sementara Partai Kebangkitan Bangsa menginginkan Sandiaga bersama Sekretaris Daerah DKI Saefullah.

Keputusan mengenai calon wakil, menurut Sandiaga, akan diputuskan oleh Koalisi Kekeluarga dalam tiga hari ke depan. Keputusan akan diumumkan pada 23 September, tepat sebelum mendaftarkan kandidat pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper