Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panglima TNI Ungkap Sebenarnya Agus Harimurti Sebentar Lagi Mau Naik Pangkat

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyayangkan pengunduran diri Mayor Agus Harimurti Yudhoyono. Lulus Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Amerika Serikat, kata Gatot, Mayor Agus rencananya bakal dipromosikan untuk naik pangkat menjadi Letnan Kolonel pada 1 April 2017.
Agus Harimurti dan Sylviana Murni/Bisnis.com-Nancy Junita
Agus Harimurti dan Sylviana Murni/Bisnis.com-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyayangkan pengunduran diri Mayor Agus Harimurti Yudhoyono. Lulus Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) di Amerika Serikat, kata Gatot, Mayor Agus rencananya bakal dipromosikan untuk naik pangkat menjadi Letnan Kolonel pada 1 April 2017.

"Mayor Agus itu sudah lulus Seskoad di AS. Kemudian jabatan Letkol sudah diajukan naik pangkat pada 1 April 2017," kata Gatot di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat, 23 September 2016.

Sebelum mengundurkan diri, Agus menjabat Komandan Batalion Infanteri Mekanis 203/Arya Kamuning yang bermarkas di Jatiuwung, Kota Tangerang. Pria kelahiran 10 Agustus 1978 ini sempat menjadi Analis Regional di Direktorat Jenderal Strategi Pertahanan Kementerian Pertahanan pada 2009-2011.

Agus memiliki gelar akademisi yang lumayan komplet. Seusai kenaikan pangkat menjadi Mayor Infanteri pada April 2012, Agus sempat mengajar di Program Pasca-Sarjana Universitas Pertahanan Indonesia. Agus sempat menjadi dosen pada 2013-2014.

Putra mantan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono ini meraih Adhi Makayasa, menjadi lulusan terbaik Akademi Militer pada 2000. Tiga gelar di belakang nama lengkapnya didapat setelah menjalani pendidikan di tiga universitas ternama, yaitu Nanyang Technological University di Singapura (lulus pada 2006), Harvard University di Amerika Serikat (lulus 2010), dan Webster University di Amerika Serikat (lulus 2015).

Di TNI, Agus tercatat pernah mendapat empat medali kehormatan, yaitu Dharma Yudha, Shanti Dharma, Wira Siaga, dan Wira Karya. Dia juga pernah menjadi komandan operasi khusus di Aceh pada 2002-2003, dan bertugas di satuan khusus TNI yang dikirim ke Libanon pada 2006-2007.

Dengan menjadi calon gubernur, karier militer pun berhenti. Gatot mengatakan apabila mengundurkan diri, Agus tidak bisa kembali lagi menjadi anggota TNI. Menjadi salah satu kader terbaik, Gatot mengaku berat kadernya berubah haluan ke politik. "Tidak bisa kembali lagi ke TNI karena sudah mengajukan dan langsung kami proses," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper