Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Kali Kalah, Chelsea Dinilai Krisis Lini Belakang

Dua Kali Kalah, Chelsea Dinilai Krisis Lini Belakang
Gary Cahill/chelseatv.sportsblog.com
Gary Cahill/chelseatv.sportsblog.com

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga kali gagal menang, termasuk dua kali kalah beruntun, dalam laga terakhirnya di Liga Primer, menjadi pertanda ada yang salah dengan Chelsea. Terlebih dua kekalahan itu diderita dari pesaing langsung dalam perebutan gelar juara, yakni Liverpool (2-1) dan Arsenal (3-0).

Lalu, apa yang salah dengan The Blues? Bukankah Antonio Conte sempat berhasil mengangkat tim ini di awal musim setelah musim lalu sempat terpuruk sehingga gagal finis di posisi empat besar?

Analis sepak bola dari The Times, Matt Dickinson, menilai masalah utama tim ini terletak di lini belakang. "Krisis lini belakang, itu tepatnya," kata dia. "Hal yang aneh kemarin adalah melihat mereka melakukan kesalahan sama sepanjang pertandingan. Seperti melihat lingkaran yang terus berulang."

Menurut wartawan berusia 48 tahun ini, lini belakang Chelsea saat melawan Arsenal sangat buruk. "Gary Cahill kehilangan ketenangan, sedangkan (Branislav) justru lebih buruk. Bagaimana Ivanovic masih berada di tim menunjukkan bahwa skuad ini memiliki masalah," kata dia. "Harusnya ada pemain muda, mereka punya 40 orang dalam masa pinjaman, yang bisa bermain lebih baik di posisi bek kanan. Bahkan (N'Golo) beberapa kali dilewati lawan."

Masalah lain, kata Dickinson, juga pada pola bermain. "Kita tak cukup tahu tim seperti apa yang sedang coba dibangun Conte. Ada diskusi saat dia datang apakah tim akan memakai tiga bek atau 4-3-3? Tampaknya dia memulai dengan gaya lama Chelsea, 4-2-3-1, dengan orang-orang berkata bahwa ia tak percaya dengan sistem itu dan ingin mengubahnya. Namun, mengubah menjadi apa?"

Soal masalah di lini belakang juga diakui wartawan Daily Mail, Martin Samuel. Ia melihat tim itu butuh John Terry. "Cahill butuh Terry. Chelsea butuh Terry. Ia jelas bek terbaik di sana," kata dia. Masalah lebih buruk karena pemain tengah, seperti Eden Hazard, gagal membantu pertahanan saat mereka dilewati pemain lawan. "Itu masalah besar bagi mereka."

Chelsea kini menempati posisi kedelapan klasemen dengan nilai sepuluh dari enam laga, terpaut delapan angka dari Manchester City yang memuncaki klasemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper