Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menangkan Demokrasi dengan Menangkan Ahok

Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, berpendapat memenangkan calon gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dianggap sebagai pemenang terhadap demokrasi.
Politisi PDIP Adian Napitupulu/Instagram
Politisi PDIP Adian Napitupulu/Instagram

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Adian Napitupulu, berpendapat memenangkan calon gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dianggap sebagai pemenang terhadap demokrasi.

"Karena pihak yang menolak pencalonan Ahok kerap melakukan penyerangan dengan menonjolkan isu SARA. Dengan demikian, bila calon lain yang akhirnya menang, juga akan memenangkan isu SARA," kata Adian, di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Bagi dirinya, memenangkan pasangan Ahok-Djarot Saiful Hidayat yang diusung oleh PDI Perjuangan, NasDem, Hanura dan Golkar itu memenangkan demokrasi.

"Kalau memenangkan selain Ahok berarti memenangkan isu SARA, itu berbahaya," ujarnya.

Di antara ketiga pasangan calon gubernur DKI Jakarta 2017, Ahok-Djarot, Anies-Sandiaga (Gerindra-PKS) dan Agus-Sylviana (Demokrat, PKB, PPP dan PAN), diakui Adian hanya Ahok yang kerap diserang dengan isu SARA, sehingga bila isu SARA dimenangkan, akan membuat kekalahan bagi demokrasi.

"Itu pilihannya, apa lagi. Yang selama ini diserang isu SARA adalah Ahok. Kalau dia kalah, isu SARA yang menang, maka itu kekalahan buat demokrasi," jelasnya

Menurut dia, isu SARA tidak bisa membangun demokrasi, sementara demokrasi selalu dibangun dari kesetaraan dan melihat seluruh perbedaan sebagai kekayaan.

"Isu SARA tidak pernah bisa membangun demokrasi. Demokrasi itu dibangun oleh kesetaraan. Demokrasi melihat perbedaan sebagai kekayaan, bukan sebagai lawan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper