Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei LSI Menangkan Anies atau Agus bila Pilkada DKI 2 Putaran

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei yang menunjukkan pasangan calon petahana Gubernur DKI Ahok-Djarot berpotensi kalah dari pasangan Anies-Sandi atau Agus-Sylvi jika pemilihan gubernur berlangsung hingga putaran kedua.
Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adrian Sopa (kanan) di Kantor LSI Jakarta Timur./Antara
Peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Adrian Sopa (kanan) di Kantor LSI Jakarta Timur./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei yang menunjukkan pasangan calon petahana Gubernur DKI Ahok-Djarot berpotensi kalah dari pasangan Anies-Sandi atau Agus-Sylvi jika pemilihan gubernur berlangsung hingga putaran kedua.

Peneliti LSI, Ardian Sopa, menjelaskan jika pemilihan gubernur putaran kedua digelar hari ini, dan pasangan Ahok-Djarot berhadapan dengan Anies-Sandi maka pasangan Anies-Sandi mendapatkan 38 persen sementara Ahok-Djarot 32 persen suara, sedangkan 29,9 persen belum memutuskan.

Sebaliknya, jika petahana berhadapan dengan Agus-Sylvi, maka Ahok-Djarot cuma akan memiliki 31,9 persen suara sedangkan Agus-Sylvi 35,1 persen suara dan yang belum memutuskan sebesar 33 persen.

"Kenapa Ahok bisa kalah? Anies-Sandi dan Agus-Sylvi memiliki karakter pemilih yang hampir sama sehingga punya mobilitas pada putaran kedua," kata Ardian Sopa di kantor LSI, Jakarta Timur, Jumat (7/10/2016).

"Akan ada perpindahan dukungan. Jadi, ketika Ahok melawan Anies, suara Agus (pada putaran pertama) akan pindah ke Anies. Jika, Ahok melawan Agus, suara Anies akan pindah ke Agus," lanjut dia.

Ardian menjelaskan, berdasarkan survei LSI menunjukkan karakter pemilih Anies-Sandi dan Agus-Sylvi memiliki kesamaan antara lain muslim, etnis non-Tionghoa, usia muda, pendapatan rendah, pendidikan tinggi, dan pemilih dari partai pendukung juga dari pemilih yang berasal dari Partai Golkar.

Sebaliknya, karakter pemilih untuk pasangan petahana menurut survei LSI adalah nonmuslim, etnis Tionghoa, usia di atas 40 tahun, pendidikan rendah, pendapatan di atas Rp3,5juta, dan pemilih dari partai pendukung kecuali dari partai Golkar.

Lebih lanjut, jika Ahok-Djarot kalah pada putaran pertama sehingga Anies-Sandi dan Agus-Sylvi yang lolos ke putaran kedua, maka Adrian memprediksi pemilihan putaran kedua akan berlangsung ketat.

"Kalau memang beradu (Anies-Sandi dan Agus-Sylvi) karena basis masyarakatnya sama, maka akan berlangsung ketat. Tapi akan lebih tinggi Anies sedikit kendati masih dalam margin error (menurut survei)," pungkas Ardian.

Survei LSI dilakukan pada 28 September-2 Oktober 2016 dengan 440 orang responden, wawancara tatap muka, metode multi-stage random sampling, margin error plus-minus 4,8persen. LSI menyatakan survei dilakukan dengan biaya sendiri dan dilengkapi dengan riset kualitatif berupa focus discussion group, media analisa dan wawancara mendalam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper