Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Umrahkan Puluhan Penjaga Masjid, Ahok Berharap Berangkatkan 100 Orang Lagi

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberangkatkan marbut atau penjaga masjid untuk melaksanakan ibadah umrah.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Antara
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memberangkatkan marbut atau penjaga masjid untuk melaksanakan ibadah umrah.

Rencananya para marbut dari lima wilayah kota dan kabupaten akan diberangkatkan umrah pada awal November 2016 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan telah meminta agar jumlah marbut yang diberangkatkan terus ditambah setiap tahun. Jika perlu para marbut diberangkatkan umrah setiap dua bulan sekali.

"Tahun lalu ada 40 marbut yang diberangkatkan, tahun ini cuma tambah 10 orang saja. Kalau perlu setiap bulan berangkatkan 100 orang," katanya saat melepas jemaah umrah 50 marbut di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (27/10).

Ia menginginkan, seluruh marbut yang ada di seluruh wilayah Ibukota bisa diberangkatkan umrah. Mengingat jumlah masjid yang tersebar di lima wilayah dan satu kabupaten mencapai lebih dari 3.000 unit.

"Yang penting seleksinya benar. Dewan Masjid harus melakukan seleksi dengan ketat," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta, Mamun Al Ayubi menjelaskan, saat ini masih ada ribuan marbut yang menunggu untuk diberangkatkan umrah. Tahun depan, pihaknya sudah menganggarkan memberangkatkan 60 marbut.

"Beruntung untuk marbut yang bisa berangkat tahun ini. Tahun depan sudah dianggarkan juga. Kami harap jumlahnya bisa lebih banyak," harapnya.

Ia menambahkan, pihaknya telah melakukan seleksi kepada marbut yang akan diberangkatkan umrah. Para marbut yang terpilih harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti memiliki rekening Bank DKI, hafal surat pendek minimal 10 surat dan sudah bekerja sebagai marbut di atas lima tahun.

Pantauan Beritajakarta.com, pada acara ini, Basuki secara simbolis juga menyerahkan kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kepada para marbut.

Ia juga meminta Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sumarsono untuk melepas keberangkatan 50 marbut.

Mengingat, saat ini Sumarsono telah ditunjuk  sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta selama masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper