Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Pilgub DKI, Perekaman E-Ktp di Jakarta Diminta Dipercepat

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono mendorong agar perekaman KTP elektronik atau e-KTP di Ibukota bisa segera dituntaskan
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Soni Sumarsono mendorong agar perekaman KTP elektronik atau e-KTP di Ibukota bisa segera dituntaskan

Setidaknya masih ada sekitar 300 ribu warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Desakan ini terkait penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 mendatang.

"Di DKI masih ada 300 ribuan yang belum merekam. Itu masih bisa dikejar waktunya cukup untuk proses perekaman," kata Soni, sapaan akrabnya, di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Jumat (28/10).

Dirinya meminta kepada Asisten Sekda bidang Pemerintahan, Bambang Sugiono untuk melakukan percepatan. Namun jika memang tidak bisa terkejar, warga bisa menggunakan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Saya minta Pak Aspem ini untuk dimonitor betul ada percepatan-percepatan yang dilakukan," ucapnya.

Soni berharap agar pelaksanaan Pilkada DKI 2017 berjalan dengan baik dan lancar. Karena sebagai Ibukota, Jakarta akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya.

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno menjelaskan, pihaknya saat ini tengah melakukan rekapitulasi pemutakhiran data pemilih. Sesuai jadwal pada 2 November akan ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ditingkat kota. Kemudian pada 10-19 November akan diumumkan kepada publik.

"Selanjutnya pada tanggal 6 Desember baru akan ditetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT)," tandas Sumarno.

Sumarno menambahkan jumlah Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP4) tercatat sebanyak 7,4 juta orang. Dia menargetkan partisipasi pemilih bisa mencapai 70 persen lebih. Angka terebut dibawah target nasional yang mencapai 77,5 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Berita Jakarta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper