Ilustrasi./.
Health

Anak Mimisan? Lakukan Ini

Atiqa Hanum
Kamis, 1 Desember 2016 - 02:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Melihat darah yang mengalir dari salah satu anggota tubuh memang membuat seseorang bisa panik. Seperti saat menghadapi anak yang mengalami mimisan.

Mimisan pada anak biasanya terjadi karena adanya pembuluh darah yang rapuh sehingga mudah pecah di lapisan dindin hidung.

Oleh karena itulah anak-anak lebih sering mengalami mimisan dibandingkan dengan orang dewasa. Melihat hal ini, kadang orang tua panik karena melihat darah yang keluar dari hidung.

Namun, orang tua bisa mengatasi dengan sendirinya agar bisa membantu sang anak menghentikan alirah darah yang keluar tersebut. Mau tahu caranya?

Praktisi Keamanan dan Keselamatan 4Life Lelitasari mengatakan untuk melakukan pertolongan pada anak maupun orang dewasa sekalipun yang masih dalam keadaan sadar segera dudukkan mereka ke posisi agak membungkuk ke depan dan letakkan kain bersih di bawah hidung.

“Ambillah handuk atau kain untuk mengompres dengan es. Bisa juga basahi dengan air dingin lalu taruh di daerah belakang leher atau dahi untuk menghentikan pendarahan,” jelasnya di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Dia menambahkan apabila pendarahan tidak berhenti jua, segera hubungi dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro