Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ujian Nasional: Pemprov DKI Tunggu Kebijakan Kemendikbud

Pemprov DKI Jakarta masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai perubahan format ujian nasional (UN).
Ujian nasional berbasis komputer/Antara
Ujian nasional berbasis komputer/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta masih menunggu kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengenai perubahan format ujian nasional (UN).

Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi mengenai perubahan format tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Sumarsono mengatakan, pihaknya akan mengikuti kebijakan yang diambil oleh pemerintah pusat. Pihaknya belum melakukan persipan yang mendetail mengenai kebijakan tersebut.

"Belum ada keputusan. Kalau birokrasi tuh bekerja dengan surat resmi, ada dasarnya. Tapi, belum ada keputusan resmi," kata Sumarsono, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (20/12/2016).

Jika format baru UN disetujui oleh Presiden Joko Widodo, pihaknya akan meminta petunjuk pelaksanaan kepada Kemendikbud. Namun, jika tidak jadi diubah formatnya, maka pelaksanaan UN tahun depan tetap akan dilakukan seperti biasanya.

"Sesuatu yang sifatnya penegasan, kami selalu bersurat jemput bola. Mengenai hal ini kami juga meminta penegasan kepada Kemendikbud, ini masih proses koordinasi," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mengeluarkan moratorium (penangguhan) UN yang akan dimulai 2017.

Direncanakan, pelaksanaan UN untuk tingkat SMA/sederajat dan SMP/sederajat akan dilimpahkan kepada pemerintah provinsi.

Sedangkan tingkat sekolah dasar (SD) diberikan sepenuhnya kepada pemerintah kabupaten/kota. Dengan kata lain, UN tidak lagi terpaut dengan pusat, soal-soal akan dibuat di daerah.

Kendati demikian Kemendikbud tetap akan berperan dalam kelulusan siswa. Standar kelulusan siswa dilaksanakan bersama Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP). Kemendikbud juga dipastikan akan berperan dalam pengawasan ujian nantinya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Beritajakarta.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler