Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

13.000 SR Terpasang dari Pembangunan IPA Parit

Pembangunan IPA Parit Mayor bertujuan untuk melayani kurang lebih 24.000 sambungan rumah (SR) baru di Kota Pontianak dengan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 300 liter per detik.

Bisnis.com, JAKARTA --Pembangunan IPA Parit Mayor bertujuan untuk melayani kurang lebih 24.000 sambungan rumah (SR) baru di Kota Pontianak dengan meningkatkan kapasitas produksi sebesar 300 liter per detik.

Sampai saat ini, dari target 24.000 SR, telah terpasang sebanyak 13.000 SR dari IPA Parit Mayor. Pembangunan IPA Parit Mayor telah dimulai sejak Tahun Anggaran (TA) 2014 dan selesai pada 2015.

Adapun cakupan pelayanan air minum Kota Pontianak adalah sebesar 77%melalui 91.300 SR dengan kapasitas produksi 1.450 liter per detik.

Dengan adanya penambahan kapasitas produksi sebesar 300 liter per detik dari IPA Parit Mayor dan tambahan 24.000 SR, cakupan pelayanan air minum di Pontianak bisa meningkat menjadi 88%

Pembangunan IPA Parit Mayor berasal dari APBN, APBD, dan PDAM tahun anggaran 2014-2015 dengan total Rp 72,37 miliar.

Menurut Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono sistem IPA Parit Mayor tersebut bisa dikatakan sudah lebih baik dibanding IPA yang ada di kota lainnya, baik dari segi manajemen, hasil kualitas air dan pelayanan.

Melihat kesuksesan pengelolaan IPA Parit Mayor, Basuki mengungkapkan rencananya untuk membangun kembali IPA di Pontianak pada 2017 di Imam Bonjol untuk melayani kebutuhan air baku wilayah Pontianak Utara dan Barat.

"Kerjasama kami dengan walikota Pontianak sangat bagus dan PDAM-nya sebagai operatornya juga bagus," ujarnya seperti yang dikutip dari keterangan resminya Selasa (20/12)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler