Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Pencoblosan, KPU DKI Gelar Debat Paslon 3 Kali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta memastikan bakal menggelar debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang maju pada Pilkada DKI 2017.
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno/Antara
Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta memastikan bakal menggelar debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta yang maju pada Pilkada DKI 2017.

Tiga kali debat publik tersebut bakal digelar sebelum hari pencoblosan 15 Februari, yakni debat pertama digelar pada 13 Januari, lalu  27 Januari dan terakhir  10 Februari 2017. Acara tersebut akan disiarkan secara langsung oleh sejumlah stasiun televisi di Tanah Air.

Ketua KPU DKI Jakarta, Sumarno mengatakan sesuai dengan ketentuan dalam UU Pilkada dan Peraturan KPU penyelenggaraan debat terbuka antar pasangan calon (paslon) minimal harus diadakan tiga kali.

"Debat terbuka ini merupakan salah satu media yang difasilitasi KPU sebagai penyelenggara pilkada guna membantu masyarakat mengenal dan mengetahui program kerja masing-masing paslon," ujarnya, Rabu (11/1/2017).

Menurutnya, dengan sarana tersebut masyatakat akan dapat menilai paslon yang sesuai dengan pilihan hatinya, yang mereka anggap layak memimpin Jakarta until 5 tahun ke depan.

"Masyarakat dan seluruh pihak yang terlibat memiliki semangat yang sama dengan menjunjung keadilan dan keberimbangan, baik itu panelis, moderator, maupun televisi penyelenggara, karena  masing-masing sudah menandatangani pakta integritas," terangnya.

Komisioner KPU DKI, Betty Epsilon Idroos mengatakan pelaksanaan debat publik pertama calon gubernur dan wakil gubernur itu akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jumat (13/1), dengan mengambil tema Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta.

"Tema ini selanjutnya diturunkan dalam pembahasan lingkungan dan transportasi serta pendidikan dan keamanan warga," ujarnya.

KPU, kata dia, juga sudah menunjuk Ira Koesno sebagai moderator, karena dianggap mumpuni dibidangnya dan independen. Penunjukan mantan jurnalis tersebut juga sudah dikonsultasikan dengan masing-masing paslon dan juga televisi penyelenggara.

Selain moderator, KPU juga telah menentukan para panelis yang merumuskan materi debat. Panelis berasal dari para pakar dibidangnya masing-masing yang berkaitan dengan tema debat.

Rencananya, debat akan disiarkan langsung oleh Net TV, TV One, dan Jawa Pos Tv, selama 120 menit, tepat dimulai pukul 20. 00 wib - 22.00 wib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper