Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI & DIY Jajaki Kerjasama Paket Wisata

Provinsi DKI Jakarta melakukan penjajakan kerjasama dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk membuat paket perjalanan wisata yang terkoneksi antar kedua wilayah tersebut, guna mendorong tingkat kunjungan wisatawan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Provinsi DKI Jakarta melakukan penjajakan kerjasama dengan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk membuat paket perjalanan wisata yang terkoneksi antar kedua wilayah tersebut, guna mendorong tingkat kunjungan wisatawan.

Keseriusan upaya tersebut ditunjukkan dengan kunjungan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Sumarsono beserta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta menemui Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Sabtu (14/1) malam.

"Kita kan melakukan penjajakan kerjasama pembuatan paket wisata budaya nusantara yang nge-link (terkoneksi) antara Jakarta-Jogja, dan bahkan diharapkan bisa sama Bali juga," ujar Dirjen Otonomi Daerah, yang akrab disapa Soni tersebut, Sabtu (14/1).

Pihaknya membayangkan bakal hadir paket wisata yang memungkinkan para turis dalam satu kali perjalanan sudah dapat mendapatkan pengalaman dari bermacam-macam kebudayaan yang berbeda dari masing-masing wilayah tersebut.

Menurutnya, pemilihan Yogyakarta lantaran dirinya mengakui pengelolaan kebudayaan di sana sudah sangat baik, sehingga Jakarta juga bisa saling belajar.

"Hal kebudayaan saya kira Yogyakarta sudah tertata rapi. Ini bisa jadi pedoman kami, bisa belajar untuk melestarikan budaya," imbuhnya.

Setelah Yogyakarta, ke depan, pihaknya juga akan melakukan penjajakan dengan Pulau Dewata Bali.

Dirjen Otonomi Daerah tersebut dalam jangka panjang diharapkan dapat terjalin koneksitas paket wisata antara Jakarta - Yogyakarta - dan Bali.

"Bahkan nanti ke depan kami harap juga kalau sampai Provinsi Bali, jadinya ada Jakarta - Yogyakarta - dan Bali. Kan bagus nih Jakarta dengan budaya Betawinya dan Yogyakarta kental budaya Jawa-nya dan Bali dengan tradisi Hindhu-nya," ujarnya.

Menurutnya, selain Pulau Bali sebagai daerah yang memang terkenal di dunia dari keindahan pantainya, juga sangat terawat kebudayaanya ditengah gempuran arus modernisasi.

Namun demikian, pihaknya belum begitu bisa menjelaskan secara detail, pasalnya saat ini juga masih dalam tahapan penjajakan. "Nanti item-item detailnya diselesaikan SKPD teknis terkait," ujarnya.

Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X menyambut baik rencana kerjasama tersebut paket wisata DKI Jakarta ke Yogayakarta tersebut.

Menurutnya kemungkinan dibangunnya kerjasama paket wisata Jakarta - Yogyakarta tersebut sangat besar peluangnya untuk diwujudkan.

Apalagi, kedua wilayah juga sudah didukung oleh kemudahan dukungan sarana dan prasarana transportasi, baik jalur darat, kereta, maupun udara.

"Kita baru bicara intinya, nanti tindak lanjut detail atau rumusannya bakal bagaimana jadinya akan segera dilakukan masing-masing dinas teknis terkait," terangnya.

Bahkan, Sri Sultan juga mengisyaratkan bakal memberi peluang kerjasama bidang lainnya, termasuk kerjasama bidang Informasi Teknologi (TI) dengan DKI Jakarta.

"Nanti apakah hanya menyangkut pariwisata atau juga masalah-masalah lainnya, seperti misal untuk IT dan sebagainya bisa disambung lagi nanti," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper