Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada DKI: Elektabilitas Anies-Sandi Naik Signifikan

Elektabilitas Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 naik paling tinggi dibandingkan dua pasangan calon lain.
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno/Antara
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Elektabilitas Anies Baswedan dan Sandiaga Uno dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017 naik paling tinggi dibandingkan dua pasangan calon lain.

Hasil survei Poltracking Indonesia menunjukkan bahwa elektabilitas Anies-Sandi naik dari 20,42% pada November 2016 menjadi 28,63%. Survei ini dilakukan pada 9-13 Januari 2017.

Menurut Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda, kenaikan itu dipicu oleh strategi kampanye Anies yang mulai berupaya menarik simpati pemilih sosiologis.

“Dalam beberapa kampanye terlihat strategi politik nomor tiga, gaya berpakaian mendekati pemilih sosiologis tertentu,” kata Hanta di Hotel Orio, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Hal itu cukup efektif mengingat yang didekati Anies adalah kelompok yang kecewa dengan petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok karena kasus penistaan agama.

Selain itu, kenaikan tersebut juga dipicu oleh pemilih rasional karena program Anies-Sandi menawarkan solusi konkret terkait satu masalah di Jakarta, yakni pengangguran.

Hanta menambahkan berdasarkan hasil surveinya juga menunjukkan bahwa segmentasi pemilih psikologis Anies-Sandi juga mengalami peningkatan.

Sebab pasangan calon nomor urut tiga ini mulai atraktif dan dipersepsikan publik unggul dalam hal komunikasi.

Adapun secara keseluruhan hasil survei Poltracking terhadap Pilkada DKI Jakarta, Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni masih memimpin dengan 30,25%. Elektabilitas Agus Sylvi naik 2,33% dari 27,92% pada November 2016

Pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat berada di urutan kedua dengan 28,88%. Elektabilitas Ahok dan Anies hanya terpaut 0,25%.

Namun, menurut Hanta hasil survei Poltracking terbaru ini tidak bisa dijadikan rujukan siapa pemenang Pilkada DKI 2017 jika dilakukan hari ini.

Sebab selisih elektabilitas dari ketiga pasangan calon masih berada pada rentang tingkat kesalahan, yakni sebesar lebih atau kurang 3,46%.

Artinya elektabilitas dari setiap pasangan calon dapat naik atau turun sebesar 3,46%.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper