Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei PolMark Tempatkan Anies-Sandiaga di Peringkat 1

CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fattah mengatakan, potensi keterpilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno paling tinggi dibandingkan pasangan calon lain.
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno/Antara
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - CEO PolMark Indonesia Eep Saefulloh Fattah mengatakan, potensi keterpilihan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno paling tinggi dibandingkan pasangan calon lain.

Rilis hasi survei PolMark ini hanya dua hari setelah lembaga survei LSI pimpinan Denny JA malah menyatakan tingkat elektabilitas Agus Harimurti-Sylviana Murni tertinggi.

"Per awal Januari 2017, potensi elektabilitas Anies-Sandi mencapai 31,7 persen, disusul Agus-Sylvi 29,9 persen, dan Basuki-Djarot 24,6 persen. Responden yang belum memutuskan mencapai 13,8 persen," kata Eep dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Eep mengatakan, potensi keterpilihan itu sejalan dengan tingkat keterpilihan yang dilakukan pada survei yang sama. Menurut hasil survei keterpilihan Anies-Sandi 25,3 persen, Agus-Sylvi 23,9 persen dan Basuki-Djarot 20,4 persen.

Bicara tentang keterpilihan, Eep mengatakan 23 persen responden menjawab rahasia. Karena itu, tim survei PolMark mencoba bertanya dengan pertanyaan lain yang tidak langsung menyebutkan salah satu calon untuk membedah preferensi responden yang masih merahasiakan pilihannya.

"Hasilnya 6,4 persen mengarah kepada Anies-Sandi, disusul Agus-Sylvi enam persen dan Basuki-Djarot 4,2 persen, sedangkan yang tetap tidak menjawab 6,4 persen," kata Eep.

Melihat hasil survei tersebut, Eep meyakini Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan berlangsung dua putaran, karena tidak ada pasangan calon yang meraih 50 persen suara.

Survei PolMark Indonesia dilakukan pada 6 Januari 2017 hingga 12 Januari 2017 dengan jumlah responden 1.200 orang dengan proporsi imbang laki-laki dan perempuan dari seluruh Jakarta dengan metodologi "multistage random sampling" dan wawancara tatap muka langsung.

Survei tersebut memiliki "margin of error" plus minus 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

PolMark Indonesia juga melakukan rekonfirmasi dengan cara mendatangi kembali 20 persen responden dari total sampel sebagai kontrol kualitas.

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, meliputi Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper