Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRL Commuter Line Rute Jakarta Kota-Bekasi Tinggalkan Stasiun Manggarai

Sejumlah pelanggan kereta rel listrik Commuter Line mempersoalkan rencana pengalihan rute Bekasi-Jakarta Kota yang sekarang melalui stasiun Manggarai dialihkan lewat stasiun Pasar Senen mulai 1 April 2017.
Perjalanan KRL Commuter Line. Ilustrasi/JIBI
Perjalanan KRL Commuter Line. Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA-Sejumlah pelanggan kereta rel listrik Commuter Line mempersoalkan rencana pengalihan rute Bekasi-Jakarta Kota yang sekarang melalui stasiun Manggarai dialihkan lewat stasiun Pasar Senen mulai 1 April 2017.

Mahmudah, warga Bekasi bekerja di Glodog, mengatakan dahulu rute kereta rel listrik (KRL) Bekasi-Jakarta Kota lewat stasiun Pasar Senen, kemudian dipindah lewat stasiun Manggarai dan sekarang akan dikembalikan lagi ke stasin Pasar Senen.

“Tentu ada plus-minus dengan rencana pengalihan rute itu, Dan sekarang ini masih ada waktu untuk mengkaji secara cermat, termasuk menerima masukan dari para pelanggan yang menjadi pengguna kereta tersebut,” katanya, Kamis (26/1/2017).

Menurutnya, pengalihan rute tersebut berarti merepotkan para pelanggan yang selama ini turun di stasiun Cikini dan stasiun Juanda, yang terdekat dengan temapt kerjanya. Jika nanti harus turun di stasiun Pasar Senen, maka mereka agak repot ke tempat tujuannya.

Sementara itu M. Kuncoro Wibowo‎, Direktur Komersial PT Kereta Api Indonesia (KAI), sebelumnya mengatakan perubahan rute itu sudah‎ masuk dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2017 yang akan dimulai pada 1 April 2017.

Perpindahan rute perjalanan itu, lanjutnya, dilakukan untuk mengurangi kepadatan perjalanan kereta di stasiun Manggarai saat ini. Perubahan rute tersebut tidak terlepas sebagai bagian dari upaya perseroan dalam meningkatkan pelayanan secara keseluruhan.

Kasnyono, warga Kelender pelanggan KRL Commuter Line, menjelaskan pemindahan rute tersebut berarti kereta akan lewat daerah Kampung Bandan yang setiap kali hujan lebat, genangan airnya sering merendam rel sehingga mengganggu perjalanan kereta.

“Masalah genangan air yang sering terjadi di Kampung Bandan dan mengganggu perjalanan kereta itu harus dikaji secara cermat oleh manajemen PT Kereta Api Indonesia dan PT KAI Commuter Jabodetabek agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari,” ujarnya.

Dia juga menyatakan agar PT KAI dan PT KAI Commuter Line mempertimbangkan untuk menambah rute KRL Commuter Line Jakarta Kota-Bekasi lewat stasiun Pasar Senen dengan tetap mempertahankan rute yang sekarang lewat stasiun Manggarai.

“Dengan demikian ada dua rute KRL Commuter Line yaitu Bekasi-Manggarai-Jakarta Kota dan Bekasi-Pasar Senen-Jakarta Kota. Silahkan penumpang pilih salah satu dari dua rute perjalanan kereta tersebut.” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper