Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Isu KTP Ganda Viral di Medsos, Oknum Bisa Dipenjara 10 Tahun

Iklim sosial politik di DKI Jakarta semakin hangat jelang hari H pencoblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Rabu (15/2/2017).
e-KTP/Jibiphoto
e-KTP/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA--Iklim sosial politik di DKI Jakarta semakin hangat jelang hari H pencoblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada Rabu (15/2/2017).

Salah satu isu yang berhembus akhir-akhir ini yakni soal adanya foto KTP ganda seorang warga DKI Jakarta yang temukan oleh pemerintah.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi mengatakan KTP tersebut digandakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Ini sepertinya ada yang menempelkan foto orang yang sama di tiga KTP. Padahal NIK, alamat, dan lokasi tempat dikeluarkan KTP beda," ujarnya di Balai Kota DKI, Senin (6/2/2017).

Dia menuturkan akan menelusuri laporan adanya KTP ganda dan palsu tersebut. Pasalnya, saat ini Edison baru menerima foto dari media sosial dan belum bukti otentik berupa KTP. Jika sudah ada bukti yang jelas, pihaknya akan membawa ke laboratorium Kementerian Dalam Negeri sebaai penanggung jawab pencetakan KTP elektronik (e-KTP).

Terkait sanksi, dia menegaskan ada hukuman bagi siapapun yang mencoba untuk memalsukan KTP.

"Penggandaan KTP masuknya ya manipulasi. Sanksinya pidana. Kalau ketahuan cetak blanko palsu hukuman maksimal 10 tahun penjara," katanya.

Sebelumnya, beredar foto seseorang di tiga lembar KTP yang berbeda. Pria di foto tersebut tercatat bernama Mada, Saidi, dan Sukarno. Meskipun fotonya sama, alamat dan NIK di ketiga KTP tersebut berbeda satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper