Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IndoBarometer Catat Partisipasi Pemilih Mencapai 73,62%

Bisnis.com, JAKARTALembaga survei IndoBarometer hari ini mengeluarkan hasil quick count pemilihan gubenur DKI Jakarta yang menunjukkan partisipasi pemilih yang cukup tinggi yakni mencapai 73,62%.
Suasana di TPS 37 Lenteng Agung menjelang coblosan, di Jakarta Selatan, Rabu (15/02/2017)./JIBI-Nurul Hidayat
Suasana di TPS 37 Lenteng Agung menjelang coblosan, di Jakarta Selatan, Rabu (15/02/2017)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Lembaga survei IndoBarometer hari ini mengeluarkan hasil quick count pemilihan gubenur DKI Jakarta yang menunjukkan partisipasi pemilih cukup tinggi yakni mencapai 73,62%.

Dalam publikasi yang diterima Bisnis hari ini, Kamis (16/2/2017) disebutkan bahwa partisipasi pemilih pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur DKI Jakarta kali ini termasuk yang tertinggi dengan tingkat parttisipasi 73,62%.

Adapun hasil Pilkada DKI sendiri sebagaimana diketahui hasil raihan suara tertinggi diperoleh pasangan calon gubernur Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat (Ahok-Djarot) sebesar 43,72% dengan tingkat partisipasi pemilih sebesar 73,62%.

Tidak jauh berbeda dari sejumlah survei lainnya, posisi kedua diraih oleh pasangan nomor tiga Anies Baswedan-Sandiaga Uno (Anies-Sandi) yang memperoleh suara sebesar 39.11%. Sedangkan pasangan   Agus Harymurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-sylvi) meraih 17,17% suara.

“Melihat hasil tersebut, menunjukkan bahwa pilkada Provinsi DKI Jakarta akan dilakukan dengan dua putaran,” menurut keterangan pers lembaga itu sebagaimana dikutip, Kamis (16/2/2017). Putaran kedua dilakukan karena tidak ada pasangan calon yang memperoleh suara lebih dari 50% sebagaimana turan yang berlaku.

Sementara pasangan calon yang akan melenggang ke putaran kedua adalah pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi. Sedangkan pasangan Agus-Sylvi tidak lolos ke putaran kedua.

Pasangan Agus-Sylvi didukung oleh Partai Demokrat, PKB, PPP, dan PAN. Pasangan Ahok-Djarot didukung PDIP, Golkar, Nasdem, dan Hanura. Sedangkan pasangan Anies-Sandi didukung Partai Gerindra dan PKS.

Quick count IndoBarometer dilaksanakan di 300 TPS sebagai sampel dari 13.023 TPS yang tersebar di enam wilayah provinsi DKI Jakarta. Sedangkan total pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 7.326.823 orang.

Dengan jumlah sampel sebanyak 300 TPS, dihasilkan tingkat kesalahan (margin of error) sebesar ± 1% pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 99%. Sedangkan metode penarikan sample dilakuan dengan cara multistage random sampling.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper