Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DKI Pinjamkan Truk Sampah ke Kota Mitra

Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta meminjamkan puluhan truk sampah ke pemerintah kota mitra Ibu kota.
Ilustrasi/Jibiphoto
Ilustrasi/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA--Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta meminjamkan puluhan truk sampah ke pemerintah kota mitra Ibu kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan truk-truk sampah tersebut dipinjamkan kepada pemerintah kota Depok, Bekasi, dan Kabupaten Bogor.

"Kami berikan 20 unit truk sampah tahun pengadaan 2013 yang kondisinya sangat baik dan sangat layak operasi. Truk ini bisa dipakai oleh Dinas Kebersihan masing-masing kota," katanya, Jumat (17/2/2017).

Dia memaparkan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta pada periode ini meminjamkan 10 unit truk sampah untuk Kota Depok, lima unit untuk Kota Bekasi dan lima unit untuk Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Pemprov DKI telah meminjamkan 50 unit truk sampah untuk Kota Bekasi pada tahun lalu. Selain itu, Isnawa juga berencana meminjamkan alat berat (eskavator) bagi pemerintah kota penyangga yang membutuhkan.

"Peminjaman truk sampah merupakan komitmen kami untuk menjamin pengelolaan sampah di Jakarta dan kota-kota sekitarnya," jelasnya.

Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Dinas Lingkungan Hidup Hari Nugroho mengatakan perjanjian pinjam pakai tersebut sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 19/2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

"Jangka waktunya pijam pakai lima tahun dan dapat diperpanjang satu kali. Selama masa pinjam pakai, Dinas Kebersihan daerah lain dapat mengoperasikannya dan melakukan perawatan atas truk sampah tersebut," imbuhnya.

Dia mengatakan truk sampah yang dipinjamkan yaitu jenis terbuka (dump truck). Tipe truk tersebut secara bertahap akan digantikan dengan jenis tertutup (compactor truck).

Secara teknis jenis compactor merupakan truk sampah ramah lingkungan yang dilengkapi sistem pemadatan dan tertutup. Selanjutnya, truk-truk sampah jenis dump truck dan kondisinya masih sangat layak operasi dapat dipinjamkan ke Kota Satelit Ibu Kota.

"Pemprov DKI sekarang mulai menggunakan compactor truck agar bau dan rembesan air dari sampah tidak keluar dan mencemari jalanan dari Jakarta menuju Bantar Gebang," ucapnya.

Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup DKI, jumlah truk sampah yang dimiliki instansi saat ini berkisar 1.688 unit. Tahun lalu, Pemerintah Kota Bekasi telah mengajukan proposal peminjaman truk sampah lama sebanyak 44 unit untuk mengangkut sampah di wilayah Bekasi dan sekitarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper