Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUJAN LEBAT PAGI, BMKG: Hujan Diperkirakan Bertahan Hingga Sore

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan geofisika (BMKG) mengemukakan hujan lebat pagi ini disebabkan adanya area konvergensi
Banjir pagi ini./.Bisnis
Banjir pagi ini./.Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan geofisika (BMKG) mengemukakan hujan lebat pagi ini disebabkan adanya area konvergensi.

Seperti diketahui sejak dini hari hingga pagi ini,  hujan turun cukup intens di sekitar wilayah Jabodetabek.

“Kejadian hujan lebat pada pagi ini disebabkan adanya area konvergensi atau pertemuan angin tepat di sekitar wilayah Jakarta khususnya bagian utara,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG

Yunus S. Suwarinoto dalam siaran persnya yang diterima hari ini, Selasa (21/2/2017).

BMKG mencatat hujan memiliki kisaran lebih dari 50 mm selama 24 jam, sehingga hampir sebagian besar wilayah Jabodetabek terjadi hujan sedang hingga lebat.

Dari pantauan data satelit maupun radar sebaran hujan relatif cukup merata di sekitar Jabodetabek, munculnya aktivitas awan cumulonimbus menyebabkan hujan lebat yang disertai kilat dan petir pada dini hari tadi.

Dikemukakan sebaran awan hujan lebih dominan di wilayah utara dibanding wilayah selatan, hal tersebut sesuai dengan pengukuran curah hujan yaitu wilayah utara memiliki curah hujan lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Sehari sebelumnya kawasan Jabodetabek juga telah diguyur hujan yang cukup intens dari pagi hingga siang hari.

“Melihat dari potensi perkembangan awan hujan pagi ini, diperkirakan hujan ringan hingga sedang masih bertahan di wilayah Jabodetabek hingga siang dan sore hari,” kata Yunus.

BMKG mengimbau masyarakat tetap waspada dan berhati-hati khususnya ketika beraktivitas di luar rumah, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia masih berada dalam puncak musim hujan sehingga peningkatan intensitas curah hujan masih akan terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper