Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Freeport Ajukan Permohonan Izin Ekspor Tembaga ke Kemendag

PT Freeport Indonesia telah mengajukan permohonan izin ekspor kepada Kementerian Perdagangan, hari ini, Jumat (21/4/2017)
Aktivitas di tambang Freeport, Papua./Bloomberg-Dadang Tri
Aktivitas di tambang Freeport, Papua./Bloomberg-Dadang Tri

Bisnis.com, JAKARTA - PT Freeport Indonesia telah mengajukan permohonan izin ekspor kepada Kementerian Perdagangan, hari ini, Jumat (21/4/2017)

Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan perusahaan itu sudah mengajukan permohonan pada 20 April dan kelengkapan dokumennya telah diterima secara online, hari ini.

Dia menerangkan, bahwa permohonan tersebut sudah dilengkapi rekomendasi dari Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono dengan nomor surat 352/30/DJB/2017 tertanggal 17 Februari 2017. Rekomendasi itu diberikan untuk konsentrat tembaga >= 15% Cu sebesar 1.113.105 wmt (wet metric ton) dan berlaku 1 tahun sejak rekomendasi diterbitkan, yakni hingga 16 Februari 2018.

“Realisasi ekspor PT Freeport Indonesia (PTFI) berdasarkan konsolidasi laporan surveyor pada 2016 sebesar 1.172.410,9 ton, dengan negara tujuan ekspor yaitu Jepang, Korea Selatan, China, India, dan Filipina,” sebut Oke lewat pesan singkat kepada Bisnis, Jumat (21/4/2017).

Namun, dia tidak menjelaskan kapan surat pemberian izin ekspor bakal diberikan.

Data Kemendag menunjukkan PTFI telah mendapatkan Surat Persetujuan Ekspor (SPE) untuk konsentrat tembaga >= 15% Cu sebanyak dua kali.

Pertama, SPE tertanggal 9 Februari 2016 dengan jumlah 1.033.758 ton yang berlaku sampai 8 Agustus 2016. Kedua, SPE pada 9 Agustus 2016 sebesar 1.429.098 ton yang berlaku hingga 11 Januari 2017.

Berdasarkan catatan Bisnis, PTFI berniat mengajukan rekomendasi izin ekspor baru untuk konsetrat tembaga dengan kuota tertentu meskipun izin lama dengan bea keluar 5% belum dimanfaatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper