Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sebabnya Gerbong Wanita di KRL 'Lebih Ganas'

Berbagai cerita mewarnai perjalanan di gerbong khusus wanita pada jam sibuk, termasuk pertengkaran saling jambak yang viral beberapa waktu lalu.
Penumpang di gerbong khusus wanita KRL Commuter Jabodetabek/Antara
Penumpang di gerbong khusus wanita KRL Commuter Jabodetabek/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Berbagai cerita mewarnai perjalanan di gerbong khusus wanita pada jam sibuk, termasuk pertengkaran saling jambak yang viral beberapa waktu lalu.

Menurut psikolog Ajeng Raviando, mengingat seluruh penumpang adalah sesama perempuan kadang timbul perasaan setara yang bisa meningkatkan kemungkinan friksi karena tidak ada yang mau mengalah. 

Setiap orang merasa mempunyai hak sama untuk bisa duduk nyaman di gerbong itu, tak peduli apakah ada orang lain yang punya kebutuhan khusus seperti hamil, membawa anak, lanjut usia atau sakit dan tidak kuat berdiri lama.

Ketika pergi dan pulang dengan kereta penuh perjuangan di mana jumlah penumpang dan gerbong tidak sebanding, setiap orang pasti merasa lelah dan stres, apalagi bila terhimpit di gerbong padat yang sumpek itu terjadi setiap hari.

"Karena sudah terjadi rutin, pada akhirnya mengikis empati individu," kata Ajeng, Kamis (18/5/2017).

Ketika perempuan hamil, membawa anak atau sudah lanjut usia yang berdiri, mereka yang duduk mungkin tetap cuek meski menempati kursi prioritas.

Sekar (27) pernah meminta haknya duduk di kursi prioritas karena dia sedang hamil, tapi ditolak mentah-mentah.

"Padahal dia tidak hamil, tapi dia bilang 'Tidak mau, saya kan sudah duluan'," kata Sekar yang mengalah dan mencari kursi prioritas di tempat lain.

Ini Sebabnya Gerbong Wanita di KRL 'Lebih Ganas'

Persaingan

Juneman Abraham, psikolog sosial dari Universitas Bina Nusantara, menjelaskan, fenomena perilaku agresif di gerbong wanita disebabkan oleh persaingan antarperempuan.

Dalam penelitiannya, ia menemukan bahwa hubungan antarperempuan sesungguhnya penuh persaingan.

"Persaingan dalam konteks ini bermakna perjuangan untuk memperebutkan sumber daya yang terbatas, baik sumber daya fisik (makanan, tempat) maupun sumber daya psikologis atau emosional (cinta) dan sosial (status, kedudukan),' tulisnya melalui surel.

Berdasarkan penelitian lintas budaya, sejak zaman purba hingga sekarang perempuan jarang membentuk kelompok dengan perempuan lain yang tidak punya hubungan sama sekali dengannya.

Hubungan yang dia maksud adalah hubungan darah atau persahabatan, sebaliknya rata-rata lelaki lebih bisa berkelompok dengan orang yang tak ada hubungan erat, tapi mereka disatukan atas dasar lain, misalnya keahlian.

Ini membuat perempuan menganggap perempuan lain yang tidak berhubungan dengannya sebagai "saingan".

Mengapa?  Juneman mengatakan sesama perempuan merasa perlu bersaing keras satu sama lain karena saat ini pada masyarakat status dan posisi perempuan masih lebih rendah dari laki-laki.

"Itu membuat perempuan seringkali membentuk kelompok ekslusif," katanya, menambahkan anggotanya adalah orang yang dianggap bisa memberikan bantuan dan dukungan.

Ini Sebabnya Gerbong Wanita di KRL 'Lebih Ganas'

Kerja Sama

Di dalam kelompok sendiri, perempuan tidak mengizinkan ada persaingan karena mereka mementingkan kerja sama.  Tetapi, di luar kelompoknya, perempuan bisa jadi lebih agresif untuk meneguhkan posisi dirinya di atas perempuan lain yang tidak berhubungan.

"Hal tersebut adalah hal pertama yang yang menjelaskan mengapa perempuan (umumnya tidak saling kenal) bisa jambak-jambakan di gerbong wanita."

Di sisi lain, mayoritas perempuan bersaing secara tersamar agar mereka tidak terlihat sangat kompetitif. Perempuan ingin tujuannya tercapai, tapi jangan sampai ada pembalasan terutama fisik.

"Peneguhan posisi diri perempuan secara tersamar itu juga yang menjadi sebab mengapa perempuan bisa pura-pura tidak melihat atau tidur meskipun ada perempuan hamil di sekitarnya sedang membutuhkan tempat duduk di KRL."

Sosiolog Nia Elvina berpendapat akar masalah dari fenomena ini adalah pelayanan transportasi publik yang masih buruk. Jumlah gerbong yang tidak bisa menampung jumlah penumpang memicu orang bersikap tidak manusiawi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper