Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ikon Tangsel, Anggrek, Jangan Sampai Pudar

Bunga anggrek telah dipilih menjadi icon Tangerang Selatan. Namun, pemerintaan kota tersebut belum optimal memberikan perhatian terhadap budi daya tanaman anggrek sehingga produksinya berpotensi menyusut.
Kebun anggrek/Istimewa
Kebun anggrek/Istimewa

Bisnis.com, TANGSEL -- Bunga anggrek telah dipilih menjadi ikon Tangerang Selatan (Tangsel). Namun, pemerintaan kota tersebut belum optimal memberi perhatian terhadap budi daya tanaman anggrek, sehingga produksinya berpotensi menyusut.

Budayawan Kota Tangsel, Uten Sutendy, mengatakan rendahnya perhatian Pemkot antara lain terlihat dari minimnya sarana umum yang dibangun di wilayah Tangsel dengan desain yang berciri khas bunga anggrek.

“Padahal, Pemkot  Tangsel sudah tepat memilih bunga anggrek sebagai ikon atau identitas Tangsel. Karena sejak dahulu, bahkan pada zaman Belanda, daerah ini dikenal sebagai pusat tanaman anggerak,” katanya, Senin (24/7/2017).

Menurutnya, bunga anggrek dari Tangsel cukup diminati oleh para konsumen di Pasar Bunga Rawabelong Jakarta, dan juga telah menembus pasar ekspor, antara lain ke Thailand.

Uten yang juga Presiden Tangsel Club, mengatakan Pemkot Tangsel mau tidak mau harus berusaha secara maksimal mengembangkan kegiatan budi daya tanaman anggrek, termasuk bermitra dengan lembaga peneliti yang terkait.

Untuk itu Tangsel sudah saatnya memiliki pusat anggrek, yang di dalamnya tidak hanya fokus pada pembibitan, tetapi berbagai pengetahun tentang anggrek bisa ditemukan di sana, termsuk bagaiman cara pembibitan, penanaman dan pemasarannya.

Bila perlu Pemkot Tangsel bekerja sama dengan para peneliti dari Puspitek untuk melakukan penelitian hingga ditemukan varita-varitas baru bunga anggrek, sehingga nantinya semaki menjadi kebanggaan Tangsel.

Pemkot Tangsel juga bisa kerja sama dengan pemeintah daerah tetangga dalam satu wilayah provinsi mengembangkan budi daya bunga anggrek.

“Dengan demikian maka makin kokohlah bunga anggrek menjadi icon atau identitas Kota Tangsel,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper