Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balai Kota Tanpa Ahok Terasa Hambar

Djarot Saiful Hidayat telah resmi menjabat sebagai Gubernur DKI menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang tersangkut kasus penodaan agama dan berujung hukuman dua tahun penjara.
Balai Kota DKI Jakarta./Istimewa
Balai Kota DKI Jakarta./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Djarot Saiful Hidayat telah resmi menjabat sebagai Gubernur DKI menggantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang tersangkut kasus penodaan agama dan berujung hukuman dua tahun penjara.

Gaya Djarot menjadi pemimpin di DKI  berbeda dengan Ahok, terutama saat melayani keluhan warga yang datang ke Balai Kota, tempat sang gubernur berkantor.

Ahok melayani keluhan wa‎rga dengan menerima langsung secara bertatap muka. Kini, Djarot lebih memilih untuk menugaskan masing-masing satuan kerja perangkat Daerah (SKPD) per bidang dengan memasang meja sendiri-sendiri.

Hal itu dilakukan untuk mengefektifkan pelayanan. Misalnya, ada cluster sesuai dengan bidang masing-masing pengaduan seperti bidang pendidikan, kesehatan, perumahan, pelayanan masyarakat dan lainnya dengan meja sendiri.

Balai Kota Tanpa Ahok Terasa Hambar


Hendra, seorang warga yang bekerja di Jakarta mengatakan ada perbedaan antara gaya Ahok dan Djarot dalam melayani warga.

"Dulu warga‎ antre dari pagi dan rela pulang malam untuk bertemu Ahok. Sekarang kalau saya datang jam 7 pagi pun warga yang datang enggak banyak," ujarnya.

 Menunggu Lama

Kantor Ahok dan Djarot di Balai Kota cukup berjauhan. Kantor Ahok berada di Pendopo Balai Kota depan, sementara Djarot berada di lantai dua.

Pantauan Bisnis.com, setiap tamu yang datang untuk bertemu Djarot di ruangannya harus menunggu cukup lama, karena kesibukan dan agenda-agenda padat setiap harinya.

Tak jarang, tamu Djarot yang menunggu di ruang tunggu lantai dua Balai Kota memilih kembali pulang karena tak kunjung bertemu dengan mantan Wali Kota Blitar itu.

Pernah suatu hari, seorang aparat berseragam TNI memarahi petugas keamanan yang berjaga-jaga di ruang kantor Djarot. Musababnya, aparat itu merasa dipingpong ketika hendak bertemu dengan Djarot.

Dia hendak bertemu Djarot untuk mengeluhkan lambatnya proses perizinan sebuah yayasan milik rekannya.

"Saya sudah menunggu dari pagi, tapi sampai siang ini belum bertemu juga dengan Pak Djarot. Ini petugasnya gak bener," ujarnya.

Balai Kota Tanpa Ahok Terasa Hambar

Berbeda

Bukan hanya warga saja yang merasa pelayanan gubernur saat ini berbeda dibandingkan sebelumnya. Hal yang sama dirasakan oleh sebagian pekerja media.

Salah seorang jurnalis yang tidak mau disebutkan namanya mengaku ada perbedaan antara Ahok dan Djarot sebagai Gubernur DKI.

"Pak Djarot suka membatalkan agenda tiba-tiba dan kalau ditanya cenderung normatif dan tidak selugas Ahok," ujarnya.

Sejak Djarot dilantik jadi Gubernur DKI pada Juni lalu, tingkat kunjungan warga ke Balai Kota tidak sebanyak kunjungan warga yang ingin bertemu dengan Ahok.

Firmansyah, Kepala Biro Umum DKI mengatakan pihaknya belum mendata secara keseluruhan angka kunjungan warga ke Balai Kota. Namun, berdasarkan pantauan dari petugas jaga, rata-rata kunjungan warga ke Balai Kota untuk menyampaikan keluhan saat ini mencapai 15 orang.  Sementara warga yang ingin berkunjung menemui Djarot rata-rata empat orang.

"Nanti ya saya lagi data dulu berapa," ujar Firmansyah.

Balai Kota Tanpa Ahok Terasa Hambar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper