Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPS : DKI Alami Inflasi 0,40% Sepanjang Juli

Sepanjang Juli 2017 harga-harga di DKI mengalami inflasi 0,40%.

Bisnis.com, JAKARTA--Sepanjang Juli 2017 harga-harga di DKI mengalami inflasi 0,40%.

Mengacu pada data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta laju inflasi didominasi oleh kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 0,74%; transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan 0,62%; serta pendidikan, rekreasi, dan olah raga 0,59%.

"Inflasi di Ibu Kota sepanjang Juli yang mencapai 0,40% membuat laju inflasi pada tahun ini 2,72% dan laju inflasi dari tahun ke tahun sebesar 3,69%," ujar Kepala BPS DKI Jakarta Thoman Pardosi melalui siaran pers, Selasa (1/8/2017).

Dia menuturkan inflasi yang terjadi pada kelompok pengeluaran makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau disebabkan terjadinya kenaikan harga pada komoditas rokok kretek dan rokok filter.

Pasalnya, dari 461 komoditas yang didata, item yang menyumbang inflasi di atas 0,02% antara lain angkutan udara 0,14%; jeruk 0,04%; sekolah menengah atas 0,03%; dan rokok kretek filter 0,02%.

"Meski demikian, inflasi sepanjang Juli mengalami penurunan dibandingkan Juni yang mencapai 0,46%," jelasnya.

Dari 82 kota yang diteliti 59 kota mengalami inflasi. Kota dengan inflasi tertinggi yaitu Bau-Bau 2,44%. Sementara itu, inflasi terendah terjadi di kota Meulaboh dengan hanya 0,01%.

Adapun, kota dengan deflasi tertinggi adalah Merauke -1,50% dan kota deflasi terendah dipegang oleh Metro dan Probolinggo sebesar 0,07%.

"Jakarta menempati urutan 25 dari seluruh kota yang mengalami inflasi," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper