Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sepeda Motor Akan Dilarang Di Sepanjang Jalan Thamrin - Sudirman, Menurut Anda?

Sepeda bermotor di Jakarta bakal dibatasi? Pemikiran itu mulai diwacanakan. Bahkan kajian sudah dilakukan. Pemikiran itu disandarkan pada fakta bahwa motor menjadi biang keladi kemacetan di sejumlah ruas jalan utama termasuk di Jalan MH Thamrin hingga Sudirman. Anda setuju?
Kawasan Sudirman, Jakarta/Antara
Kawasan Sudirman, Jakarta/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Sepeda bermotor di Jakarta bakal dibatasi? Pemikiran itu mulai diwacanakan. Bahkan kajian sudah dilakukan. Pemikiran itu disandarkan pada fakta bahwa motor menjadi biang keladi kemacetan di sejumlah ruas jalan utama termasuk di Jalan MH Thamrin hingga Sudirman. Anda setuju?

Saat ditanya tentang isu tersebut, Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat belum menjawab ya atau tidak. "Kebijakan pembatasan sepeda motor di sepanjang Jalan MH Thamrin hingga Jalan Jenderal Sudirman dibutuhkan kajian yang matang," Itulah komentar yang dilontarkan Djarot.

Namun, upaya ke arah sana [pembatasan], mulai dilakukan. Setidaknya sudah dikaji dan ada hasilnya. "Saya sudah bertemu dengan Kepala Dinas Perhubungan. Sudah lihat juga kajiannya. Tapi saya perintahkan agar ditunda dulu sementara waktu," kata Djarot di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2017), yang dikutip Antara.

Menurut dia, kebijakan tersebut tidak dapat diterapkan begitu saja tanpa adanya kajian yang menyeluruh. Mantan Wali Kota Blitar itu  meminta agar kajian itu  disempurnakan.

"Jangan tergesa-gesa menerapkan kebijakan pembatasan sepeda motor itu. Kajiannya harus betul-betul matang, sehingga bisa diterapkan sepenuhnya, tidak berhenti di tengah jalan. Harus dikaji dengan sungguh-sungguh. Itu yang saya minta," ujar Djarot.

Selain kajian yang lebih matang, dia menuturkan rencana penerapan kebijakan pembatasan sepeda motor itu juga sebaiknya ditunda hingga seluruh infrastruktur pendukungnya benar-benar memadai.

"Makanya kami terus kebut pembangunan infrastruktur. Kami ingin semua infrastruktur itu bisa selesai tahun ini, di antaranya pembangunan 'underpass', 'flyover' dan lain-lain. Setelah itu, baru bisa dievaluasi lagi, apakah pembatasan sepeda motor itu perlu diterapkan atau tidak," tutur Djarot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper