Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Layanan Perizinan Satu Pintu Hadir di PIM 2 dan Koja Trade Center

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan ‘PTSP Goes to Mall’ di Pondok Indah Mall 2 Skywalk, Jakarta Selatan dan Koja Trade Center, Jakarta Utara.

Bisnis.com, JAKARTA--Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengadakan ‘PTSP Goes to Mall’ di Pondok Indah Mall 2 Skywalk, Jakarta Selatan dan Koja Trade Center, Jakarta Utara.

Kegiatan itu akan dilakukan setiap Rabu mulai pukul 11.00-15.00 wib mulai 27 September 2017 hingga akhir Oktober 2017 di PIM 2 dan pada hari Kamis, 28 September 2017 di Koja Trade Center.

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi mengatakan berlanjutnya program ini sebagai salah satu upaya Pemprov DKI dalam mendorong index Ease of Doing Business (EoDB) pada peringkat 40 sesuai target Presiden Joko Widodo.

"Layanan PTSP Goes To Mall dilakukan guna mempercepat pelayanan dan memberikan kemudahan masyarakat

dalam mengurus perizinan dan non perizinan. Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk mengurus sendiri tanpa menggunakan pihak ketiga atau calo,” katanya, Kamis (28/9).

Kepala Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Kebayoran Lama Revika Lestari mengatakan antusiasme warga pada hari pertama ‘PTSP Goes To Mall’ di Skywalk PIM 2 ini cukup besar.

"Umumnya pemohon yang datang ke booth lantaran berkonsultasi mengenai pelayanan administrasi, prosedur pendirian izin usaha, dan prosedur Izin Mendirikan Bangunan atau IMB," ungkapnya.

Meski sudah ada informasi di situs pelayanan.jakarta.go.id, dia mengakui banyak warga tetap membutuhkan sosok aparatur pemerintah yang bisa menjelaskan prosedur pengurusan izin dan non-izin.

"Terbukti setiap kali ada PTSP Goes To Mall tidak pernah sepi pengunjung. Hari pertama di Skywalk PIM 2 ini total 73 pengunjung mendatangi booth kami untuk melakukan konsultasi dan pengurusan izin/non izin," katanya.

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana PTSP Kecamatan Koja Maman Suparman mengatakan sebagian warga yang mendatangani Koja Trade Center ingin melakukan konsultasi terkait permasalahan administrasi masyarakat dan memulai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Jika di pusat perbelanjaan lainnya lebih banyak didominasi konsultasi izin usaha yang kompleks, maka di Koja Trade Center pemohon umumnya melakukan konsultasi pelayanan administrasi masyarakat dan Ketetapan Rencana Kota (KRK). Untuk izin usaha, lebih banyak yang melakukan konsultasi terkait permasalahan memulai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), pemohon pun didominasi oleh para Ibu Rumah Tangga” ujar Maman.

Sejak dilaksanakan pada bulan April-September 2017, sudah tercatat 10 (sepuluh) Mall yang berpartisipasi dalam gelaran PTSP Goes To Mall, yaitu Lottemart Fatmawati, Cilandak Town Square, Poin

Square, One Bel Park, Mall Taman Palem, Plaza Indonesia, Lippo Mall Kemang, Plaza Atrium Senen, Koja Trade Center dan Pondok Indah Mall. Selanjutnya ‘PTSP Goes To Mall’ direncanakan akan hadir di Mall Kelapa Gading, Pacific Place, dan Mall Cibubur Junction.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper