Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pohon Berusia 194 Tahun di Kebun Raya Bogor Tumbang

Pohon Leci (Lithi chinensis Sonn) yang merupakan pohon tertua di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, diketahui tumbang Rabu (4/10/2017) pagi, hingga kini batang pohon masih tergeletak di lokasi tumbangnya.
Pohon tumbang di Kebun Raya Bogor/Antara
Pohon tumbang di Kebun Raya Bogor/Antara

Bisnis.com, BOGOR - Pohon Leci (Lithi chinensis Sonn) yang merupakan pohon tertua di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, diketahui tumbang Rabu (4/10/2017)  pagi, hingga kini batang pohon masih tergeletak di lokasi tumbangnya.

Menurut juru foto yang ada di Kebun Raya Bogor, diduga pohon tumbang terjadi Selasa (3/10/2017) sore kemarin, saat hujan lebat mengguyur Kota Bogor.

"Kemungkinan sore kemarin, untungnya pohon tumbang ke arah kolam," kata juru foto tersebut.

Pohon tersebut berada di sisi kanan (dari arah pintu utama) persisi pinggir kolam Gunting yang ada di tengah halaman belakang Istana Bogor.

Pohon leci tersebut merupakan pohon tertua di Kebun Raya Bogor. Pohon yang berasal dari China bagian selatan tersebut ditanam pada tahun 1823 di bawah kepemimpinan C.L Blume dan dapat tumbuh mencapai 15-25 meter dengan dia meter batangnya 0,5-1,5 meter.

Bila ditanam tahun 1823, maka usia pohon tersebut adalah 194 tahun. Pohon leci memiliki buah yang rasanya sangat manis, dapat dimakan langsung atau dibuat manisan.

Sejumlah pemerhati lingkungan turut prihatin dengan tumbangnya pohon tertua di Kebun Raya Bogor tersebut.

"Wah pohon lecinya selalu jadi tempat pemberhentian untuk cerita banyak tentang pohon setiap kali nganter peneliti atau pelancong ke Kebun Raya Bogor," kata Putri dari Komunitas Peduli Ciliwung.

Putri mengaku sedih tumbangnya pohon tersebut, dia berharap pihak Kebun Raya bisa lebih bijak dengan melahirkan generasi-generasi leci selanjutnya.

"Pohon sawit pertama udah jadi monumen, semoga pihak KRB bisa lebih bijak melahirkan generasi leci selanjutnya. Moga-moga bisa membangun monumen juga disana," katanya

Ketua Komunitas Peduli Ciliwung Een Irawan mengatakan pohon leci tersebut menjadi saksi sejarah perkembangan Kota Bogor.

"Ayoo tanam lagi biar ada lagi pohon yang usianya bisa mencapai 200 tahun," kata Een.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper