Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reklamasi Teluk Jakarta, Jokowi Segera Panggil Anies dan Sandiaga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas sejumlah hal, antara lain proyek reklamasi Teluk Jakarta.
Area proyek reklamasi Pulau G di Jakarta/Antara-Muhammad Adimaja
Area proyek reklamasi Pulau G di Jakarta/Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo untuk membahas sejumlah hal, antara lain proyek reklamasi Teluk Jakarta.

“Dalam satu atau dua hari ini Pak Jokowi berencana memanggil kami,” ujar Sandiaga saat ditemui seusai kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri 07 Cawang, Jakarta, Rabu (18/10/2017).

Menurut Sandiaga, rencana pertemuan tersebut disampaikan seusai pelantikan mereka di Istana Negara, Senin (16/10/2017).

Sandiaga mengatakan isu yang akan dibahas bukan hanya seputar reklamasi.

“Yang jelas, Pak Jokowi habis lantik kami sedang persiapkan ketemu karena banyak isu yang ingin kami bicarakan," ujarnya.

Ketika ditanya apakah sikapnya bakal tetap menolak reklamasi, Sandiaga hanya mengatakan akan mengkaji masalah tersebut. Sandiaga dan Anies masih membutuhkan waktu lantaran baru saja dilantik.

"Kami tahu tuntutan masyarakat. Kami tahu tugas kami adalah menghentikan reklamasi. Jadi, sabar, akan kami kaji dengan baik dan tidak tergesa-gesa,” katanya.

Ihwal kabar pertemuannya dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan untuk membahas reklamasi, Sandiaga tak menampik. Namun, dalam pertemuan itu belum ada kajian tentang lapangan pekerjaan yang akan diciptakan di atas pulau buatan.

"Saya tanya satu hal saja, belum ada jawaban yang pasti. Soal lapangan kerja, berapa yang diciptakan di sana," ujar Sandiaga.

Enggan

Sikap serupa ditunjukkan Anies, yang hingga kemarin masih enggan berkomentar tentang reklamasi, termasuk peringatan Luhut dua hari lalu. Kemarin, Luhut kembali menyatakan bahwa Anies, sekalipun telah menjadi Gubernur Jakarta, tak bisa membatalkan reklamasi.

“Tidak ada alasan untuk tidak diteruskan,” kata Luhut di Kantor Staf Presiden, Rabu (18/10/2017).

Anies tetap tak mau memberi pernyataan dan hanya mengatakan baru akan bersikap seusai rapat paripurna istimewa dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI.

"Kami tuntaskan dulu dengan Dewan, baru kami melangkah,” ujar Anies.

Dia menyatakan siap jika dipanggil oleh Presiden.

Didesak

Selain menghadapi peringatan dari Luhut, Anies dan Sandiaga didesak segera menegaskan sikap oleh sejumlah kalangan yang langsung menagih janji kampanye mereka pada hari pelantikan.

Anies dan Sandi pernah berjanji menolak reklamasi dan akan menghentikan proyek yang dianggap hanya menguntungkan segelintir orang tersebut.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pertemuan antara pemerintah DKI dan Presiden diperlukan. Tapi, kata dia, hingga kemarin belum ada permintaan resmi baik dari Presiden Joko Widodo maupun dari pemerintah DKI.

"Kalau memang ada permintaan, tentu segara diadakan sesuai arahan Presiden," ujar Pramono di Istana Bogor.

Pramono menambahkan, pertemuan itu bukan hanya membahas reklamasi Teluk Jakarta, tapi juga hal lain yang berkaitan dengan proyek-proyek bersama pemerintah pusat dan daerah. Hal itu, kata dia, bertujuan memastikan proyek berjalan lancar walau pemerintah DKI Jakarta berganti pemimpin.

"Segala hal yang melibatkan pemerintah pusat dan daerah pasti dibahas.”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper