Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APP Sinarmas Gelar Lari Amal Untuk Literasi

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyelenggarakan Paperun, Charity Fun Run 5K, bersama Kompas yang ditujukan untuk membantu meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia.
Saleh Husin melepas peserta Fun Run.
Saleh Husin melepas peserta Fun Run.

Bisnis.com, TANGERANG – Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas menyelenggarakan Paperun, Charity Fun Run 5K, bersama Kompas yang ditujukan untuk membantu meningkatkan minat baca dan tulis di Indonesia.

Acara yang dilaksanakan di QBIG, BSD, Tangerang ini menyuguhkan tantangan seru bagi para pesertanya.

Data UNICEF menyatakan Indonesia menempati urutan ke-60 dalam tingkat literasi. Dapat kita simpulkan bahwa minat baca di negara ini masih sangat kurang. Padahal, dengan membaca seseorang tidak hanya menambah pengetahuan diri namun juga akan mampu berbuat sesuatu untuk mengubah masa depannya.

“Membaca tidak hanya penting untuk diri sendiri, tapi juga penting untuk kemajuan bangsa. Kebiasan baik ini tentu perlu ditularkan. Namun terkadang kurangnya referensi membuat banyak orang urung membaca buku. Dengan terselenggaranya acara ini, kami ingin mengajak peserta mendonasikan buku-buku favorit mereka untuk disalurkan ke daerah yang membutuhkan," ujar Lukminto Wibowo, General Manager Event Harian Kompas dalam siaran pers, Minggu (22/10/2017).

"Melalui kegiatan ini, kita harapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan minat baca dan tulis di masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang tingkat literasinya masih rendah," ungkap Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin.

Para peserta akan diajak berlari sejauh 5 kilometer dalam Paperun. Meskipun jarak tempuh lari tidak terlalu jauh, namun para peserta akan mendapatkan beberapa ‘kejutan’ di sepanjang rute lari, yaitu rintangan-ritangan seru yang harus dilewati peserta untuk menuju garis finish.

Rintangan itu antara lain Juggling Wheel di mana peserta harus melewati rintangan ban yang ditumpuk berjajar, ada pula Temple Bubble berupa tantangan menaiki tangga dan berseluncur ke bawah, atau memompa adrenalinnya di Istana Balon Raksasa. Terakhir, ketika menuju garis finish terdapat Rainbow Tunnel yang akan menyambut kemenangan peserta dengan hujan kertas.

Tak hanya kesiapan fisik, kesiapan mental pun diuji dalam Paperun. Selain hadiah utama yang didapatkan apabila berhasil mencapai garis finish dengan waktu yang ditentukan, para peserta juga mendapat kesempatan untuk memenangkan doorprize menarik seperti Iphone, Kamera, Drone, Sepeda, dll.

Acara tak berhenti hingga garis finish, para peserta pun dihibur dengan berbagai penampilan seru dari Jevin Julian dan The Changcuters. Juga Instagram Photo Contest dan penghargaan untuk Best Costume di akhir acara. Seluruh biaya pendaftaran akan didonasikan untuk pengembangan literasi, dengan begitu diharapkan tingkat literasi pun kian meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper