Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Asian Games, DKI Buka e-Registrasi Uji Emisi Gratis, Ini Caranya

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017).
Ilustrasi uji emisi gratis/Bisnis.com-Nadya Kurnia
Ilustrasi uji emisi gratis/Bisnis.com-Nadya Kurnia

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat di Jalan Benyamin Suaeb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (17/12/2017).

"Pemilik kendaraan yang berminat dapat melakukan registrasi secara online," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji pada Minggu (3/12/2017).

Dia melanjutkan kegiatan uji emisi secara kolosal ini merupakan rangkaian persiapan menghadapi Asian Games 2018.

"Kami berharap uji emisi dapat mendorong peningkatan kualitas udara Ibu Kota pada saat Asian Games 2018 berlangsung," ujarnya.

Menurutnya, Asian Games 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia di Kota Jakarta dan Palembang tidak hanya perhelatan olahraga, namun juga etalase Indonesia yang sesungguhnya.

"Jajaran Dinas Lingkungan Hidup siap mendukung kesuksesan helat bangsa tersebut, terutama terkait kualitas lingkungan dan kebersihan kota. Ini sebagaimana arahan Bapak Gubernur dan Wagub," kata Adji.

Namun, dia menegaskan program perbaikan kualitas udara Jakarta bukan hanya dalam rangka Asian Games 2018.

"Asian Games hanya sasaran antara. Prinsipnya kami ingin mewujudkan Jakarta yang baik kualitas lingkungan hidupnya," tambahnya.

Menurut dia, mewujudkan kualitas udara yang baik bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama.

"Produsen kendaraan, pemilik kendaraan, komunitas peduli lingkungan dan masyarakat semuanya punya peran masing-masing untuk mewujudkan kualitas udara yang baik di Jakarta," kata Adji.

2.500 Kendaraan

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih menjelaskan kendaraan yang mengisi registrasi online akan diprioritaskan untuk diuji emisi.

“Total kami menargetkan menguji 2.500 kendaraan roda empat," ujarnya.

Uji emisi akan dilaksanakan di sekitaran putaran Patung Ondel-ondel hingga putaran Masjid Raya, Jl Benyamin Suaeb. Rencananya, kegiatan dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai 15.00 WIB.

Ke depan, uji emisi kendaraan bermotor diharapkan juga menjadi sebuah gerakan bersama masyarakat untuk mengurangi pencemaran udara di Jakarta.

"Warga Jakarta bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menguji emisi gas buang kendaraannya. Silakan registrasi online untuk memastikan kuota," kata Andono.

Pemilik kendaraan yang berminat sudah dapat melakukan registrasi online melalui : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc528R8IkHh9WaE1uwpVIJ4gfrm9Fg8qvLsryxQPQSCfvukIQ/viewform.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah memantau kualitas udara perkotaan melalui Program Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP) di 28 kota di Indonesia tahun 2016.

Hasil EKUP sebagai bagian dari Program Langit Biru Tahun 2016, menunjukkan bahwa terdapat tiga Kota Langit Biru terbaik untuk kategori kota metropolitan, yaitu kota Palembang, Semarang, dan Jakarta Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper