Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gratis Naik Transpatriot Selama Uji Coba

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memulai uji coba operasional bus umum Transpatriot, Senin (18/12/2017) , secara gratis untuk mengukur animo masyarakat menggunakan transportasi umum.
Pemkot Bekasi uji Coba Transpatriot, bus yang terintegrasi Transjakarta di Bekasi./Antara
Pemkot Bekasi uji Coba Transpatriot, bus yang terintegrasi Transjakarta di Bekasi./Antara

Bisnis.com, BEKASI - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, memulai uji coba operasional bus umum Transpatriot, Senin (18/12/2017) , secara gratis untuk mengukur animo masyarakat menggunakan transportasi umum.

"Saat ini tahapan operasional Transpatriot sudah sampai pada uji coba. Dari sembilan unit yang kita peroleh dari pengadaan secara lelang elektronik, baru tiga di antaranya yang kita uji coba mulai hari ini," kata Kepala Bidang Pengembangan Perhubungan Dinas Perhubungan Kota Bekasi M Solikhin di Bekasi.

Hal itu dikatakannya di sela peluncuran Transpatriot bertempat di Lapangan Upacara Plaza Pemkot Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Senin (18/12/2017) pagi.

Peluncuran uji coba bus 3/4 itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama sejumlah instansi terkait dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi, Satuan Lalu Lintas Polrestro Bekasi Kota, Dewan Transportasi Kota Bekasi dan perwakilan Badan Penyelenggara Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Menurut Solikhin, bus yang diuji coba itu menyasar trayek Harapan Indah Kecamatan Medansatria hingga Terminal Induk Kota Bekasi di Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur.

Rencananya, trayek Transpatriot juga akan dikembangkan menyusuri Terminal Induk Bekasi hingga Kecamatan Pondokgede.

"Uji coba ini ditargetkan berjalan sampai dengan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) selaku operator Transpatriot. Estimasi kami, akhir Desember 2017, BUMD segera terbentuk," katanya.

Menurut dia, keharusan pembentukan BUMD merupakan syarat mutlak bagi Pemkot Bekasi untuk mengoperasionalkan angkutan massal itu.

"Selama BUMD belum terbentuk, kita gratiskan dulu warga yang ingin naik," katanya.

Salikhun menambahkan Transpatriot ditargetkan baru akan benar-benar beroperasional paling lambat Januari hingga Februari 2018.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengingatkan jajaran Dishub Kota Bekasi untuk segera memenuhi persyaratan operasional Transpatriot dengan mengganti pelat merah kendaraan dengan pelat kuning sebagai angkutan umum.

"Transpatriot hari ini lakukan sosialisasi bus kepada masyarakat. Saya ingatkan Dishub karena masih pakai pelat merah selama uji coba ini berlangsung. Tugasnya hanya sosialisasikan saja, sampai pelat kuning jadi," katanya.

Menurut Rahmat, tujuan disosialisasikannya angkutan tersebut agar masyarakat tahu bahwa ada transportasi yang terintegrasi dengan Transjakarta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper