PENATAAN TANAH ABANG: Transjakarta Siapkan Bus Eksklusif, Ini Penampakan dan Rutenya

PT Transjakarta menyiapkan bus khusus sebagai tindak lanjut pembenahan kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai Jumat (22/12/2017).
Feni Freycinetia Fitriani | 21 Desember 2017 14:09 WIB
Bus khusus yang disiapkan PT Transjakarta terkait pembenahan lalu lintas di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. - Jibi/Feni Freycinetia Fitriani

Bisnis.com, JAKARTA - PT Transjakarta menyiapkan bus shuttle khusus di Tanah Abang, Jakarta Pusat sebagai tindak lanjut penataan lalu lintas di kawasan itu mulai Jumat (22/12/2017). 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan salah satu ruas jalan itu akan ditutup sehingga pedagang kaki lima (PKL) bebas menjual barang dagangannya selama pukul 06.00-18.00 WIB. "Kami menyiapkan 400 unit tenda untuk memfasilitasi PKL yang biasa berjualan di sana. Nantinya, tenda PKL akan ditempatkan di satu arah ruas jalan. Sementara itu, di sisi lain ruas jalan akan digunakan untuk mobilisasi bus pengumpan [shuttle bus] khusus Transjakarta," katanya di Balai Kota DKI, Kamis (21/12/2017).

Head of Corporate Communication PT Transjakarta Wibowo mengatakan pihaknya sudah menyiapkan bus shuttle khusus di Tanah Abang. "Kami namakan bus ini Transjakarta Tanah Abang Explorer. Bus ini khusus mengangkut dan menurunkan penumpang di sekitar kawasan Tanah Abang saja," katanya, Kamis (21/12/2017).

Wibowo menuturkan bus jenis low entry tersebut nantinya akan menaikkan atau menurunkan penumpang di halte Stasiun Tanah Abang, halte Blok G, halte Blok B, halte Auri, halte Blok E, dan halte Fly Over Jatibaru. Perseroan menyatakan rekayasa lalu lintas atas penataan Tanah Abang juga berdampak pada modifikasi layanan Transjakarta rute Tanah Abang-Kebayoran.

Sebelumnya, rute yang dilalui adalah Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Kebon Jati-Jalan Jembatan Tinggi-Jalan KS Tuban Raya-Jalan Jatibaru Raya-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur. "Saat ini, rutenya menjadi Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Kebon Jati-Jalan Jembatan Tinggi- Jalan KS Tuban Raya-Jalan Jatibaru Raya- Jalan KH Mas Mansyur," imbuhnya.

Wibowo menuturkan bus tersebut dapat menampung 41 penumpang dalam posisi duduk dan 27 orang berdiri. Ada juga satu area yang dikhususkan bagi penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Berikut spesifikasi Bus Tanah Abang Explorer:

1. Memiliki sistem pendingin udara (AC)

2. Tersedia kursi prioritas

3. Tersedia handgrib untuk pegangan penumpang berdiri

4. Tersedia 2 pintu penumpang berlantai rendah di sisi kiri bus

5. Tersedia 1 ruang kursi roda

6. Tersedia ram kursi roda di area pintu untuk memudahkan keluar masuknya penumpang difabel

7. Tersedia 2 buah TV layar lebar 29 inci di bagian tengah area penumpang

8. Tersedia tombol stop di setiap railing vertical di dalam interior bus

9. Tersedia 12 kamera CCTV untuk memantau setiap area di dalam dan di luar bus

10. Ketinggian lantai bus dengan jalan dapat disesuaikan naik dan turun untuk kenyamanan keluar masuk penumpang

Tag : transjakarta
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top