Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perhatikan Pengalihan Arus Lalin Selama Malam Tahun Baru

Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup sejumlah ruas utama untuk perayaan Tahun Baru 2018 dan telah mempersiapkan rute pengalihan arus untuk momen tersebut.
Ilustrasi keramaian perayaan Tahun Baru/JIBI
Ilustrasi keramaian perayaan Tahun Baru/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Sehubungan dengan diselenggarakannya berbagai rangkaian acara menyambut malam Tahun Baru 2018, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan menutup sejumlah jalur di ibu kota. 

Wakil Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menjelaskan acara-acara tersebut akan berlangsung pada Minggu (31/12/2017) selama pukul 19:00-24:00 WIB.

Acara berlangsung di kawasan Monumen Nasional (MONAS), Bundaran Hotel Indonesia, dan beberapa titik lainnya di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), Jalan M.H. Thamrin, dan Jalan Sudirman (Bundaran HI - Dukuh Atas).

Guna mendukung keberlangsungan acara tersebut, akan dilakukan penutupan jalan secara bertahap selama acara berlangsung. Penutupan jalan dilakukan mulai pukul 17.00 WIB pada Minggu (31/12/2017) hingga pukul 01.00 WIB pada Senin (1/1/2018).

Adapun ruas-ruas jalan yang akan ditutup adalah sebagai berikut:

- Jalan Majapahit (sisi timur, Simpang Harmoni s.d. Simpang Medan Merdeka Utara)

- Jalan Veteran 3

- Jalan Museum

- Jalan Medan Merdeka Barat (kedua jalur)

- Jalan Medan Merdeka Selatan (Wisma Antara)

- Jalan M.H. Thamrin (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda s.d. Dukuh Atas)

- Jalan Jenderal Sudirman (arah selatan-utara untuk jalur cepat akan ditutup mulai dari depan simpang fly over Prof. Dr. Satrio/Casablanca s.d. Dukuh Atas, sedangkan jalur lambat ditutup mulai simpang Dukuh Atas/BNI 4)

- Jalan Budi Kemuliaan

- Jalan Kebon Sirih (simpang Jembatan Serong s.d. simpang Jalan Agus Salim/Sabang)

- Jalan Wahid Hasyim (simpang Jalan K.H. Mas Mansyur s.d. simpang Jalan Agus Salim/Sabang)

- Jalan Kebon Kacang

- Jalan Imam Bonjol (simpang Jalan Agus Salim/Jalan Pamekasan s.d. Bundaran HI)

Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang kaki lima.

Dengan adanya penutupan sejumlah ruas jalan, Dinas Perhubungan telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif pengalihan lalu lintas sebagai berikut:

- Pengalihan lalu lintas dari utara-selatan, di mana kendaraan dari arah Harmoni yang akan menuju ke Selatan dialihkan melalui Jalan Juanda - Lapangan Banteng - Jalan Pejambon - Jalan Ridwan Rais dan seterusnya.

- Pengalihan lalu lintas dari selatan-utara, di mana kendaraan dari arah Semanggi yang akan menuju ke utara dialihkan melalui Jalan Karet Pasar Baru Timur atau Jalan Galunggung dan seterusnya.

Selama acara berlangsung, bus Transjakarta Koridor 1 Blok M-Kota dan Koridor 2 Pulogadung-Harmoni tetap beroperasi seperti biasa guna memberikan kemudahan akses jalan bagi pengunjung. Selain itu, disediakan kantong parkir di sejumlah titik yakni Lapangan IRTI Monas, Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, dan Parkir Timur Senayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nirmala Aninda
Editor : Annisa Margrit

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler