Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beristirahat, Pengunjung Monas Terpaksa Menginjak Hamparan Rumput

Pengelola Taman Monumen Nasional (Monas) Jakarta diminta agar menambah area tempat untuk beristirahat bagi para pengunjung setelah hari semakin siang dengan terik matahari yang kian menyengat.
Sejumlah pengunjung berjalan menuju tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Senin (1/1/2018)./Bisnis.com-Nurudin Abdullah
Sejumlah pengunjung berjalan menuju tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta, Senin (1/1/2018)./Bisnis.com-Nurudin Abdullah

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola Taman Monumen Nasional (Monas) Jakarta diminta agar menambah area tempat untuk beristirahat bagi para pengunjung setelah hari semakin siang dengan terik matahari yang kian menyengat.

Azizah Hanif, pengunjung asal Tegal, Jawa Tengah, mengatakan akibat keterbatasan area untuk sekadar berteduh dari terik matahari, maka banyak pengunjung yang duduk-duduk di atas hamparan rumput di bawah pemohonan tinggi yang rindang.

“Lokasi dekat tempat parkir kendaraan paling banyak rumputnya terinjak-injak atau diduduki pengunjung karena di bawah pepohonan besar dan rindang itu sangat nyaman untuk ngadem dari teriknya panas matahari,” katanya Senin (1/1/2018).

Menurutnya, biar pun petugas tidak henti-hentinya mengingatkan dengan pengeras suara agar pengunjung tidak berjalan atau duduk-duduk di atas rumput, tetapi peringatan itu kurang dipatuhi karena pengunjung merasa tidak ada alternatif lain.

Padahal, lanjutnya, jika pengelola menyediakan tempat yang lebih banyak untuk beristirahat saat panas matahari semakin menyengat sinarnya, maka relatif lebih mudah mengingatkan pengunjung supaya tidak menginjak-injak hamparan rumput.

Sementara itu ribuan pengunjung terus memadati kawasan Taman Monas Jakarta sejak Senin pagi (1/1/2018) dengan tujuan naik ke puncak tugu monumen atau sekedar menikmati taman di sekiternya sambil memandangi tugu Monas..

Hidayati dari Ulujami, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, mengatakan bersama keluarganya tiba di kawasan Monas sekitar pukul 10.00 WIB sudah sulit mencari tempat parkir di arean perparkiran Irti karena banyaknya pengunjung.

“Bahkan, antre untuk masuk ke cawan diorama atau naik ke atas tugu Monas juga panjang banget. Akhirnya kami hanya jalan-jalan di seketar Monas untuk foto dengan latar belakang Monas,” ujarnya.

Menurutnya, hingga dirinya bersama keluarga meninggalkan perparkiran Irti, pindah ke Masjid Istiqlal sekitar pukul 13.20 WIB, masih terlihat antrean panjang kendaraan pengunjung yang akan masuk gerbang perparkiran Irti.

Sementara itu Ali, petugas dari pengelola Taman Monas, mengatakan seperti tahun-tahun sebelumnya, pada setiap hari libur Tahun Baru, Monas tetap ramai pengunjung hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

“Pengunjung bisanya masih ada yang sampai malam di kawasan Taman Monas ini. Mereka berasal dari Jakarta dan daerah sekitarnya, juga tidak sedikit yang datang dari luar kota secara rombongan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper