Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan MRT Jakarta Diminta Sampai Ciputat

Pembangunan jaringan kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta agar diperpanjang jalurnya dari deponya di Lebak Bulus hingga ke Ciputat, Tangerang Selatan, sejauh sekitar 6 kilo meter.
Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), di Jakarta. Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat
Proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), di Jakarta. Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, TANGSEL-Pembangunan jaringan kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta diminta bisa diperpanjang jalurnya dari depo di Lebak Bulus hingga ke Ciputat, Tangerang Selatan, sejauh sekitar 6 kilo meter.

Warga berharap agar jalur layang MRT yang sudah dibangun sampai dekat jembatan Kali Pesanggarahan Pasar Jumat, Jakarta Selatan, dapat diperpanjang hingga di atas Jl Juanda. Seperti diketahui, titik tersebut merupakan akses penghubung daerah Lebak Bulus dan Ciputat.

Fakhma, warga Keluarahan Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel mengatakan keberadaan jaringan kereta layang hingga Pasar Ciputat dapat mengatasi kemacetan lalu lintas yang cenderung semakin parah di Jl Juanda.

“Kemacetan lalu lintas di Jl Juanda tidak hanya terjadi pada jam sibuk pagi saatnya orang berangkat kerja dan sore ketika jam pulang kerja, melainkan hampir sepanjang hari,” katanya, Rabu (17/1/2018).

Menurut Fakhma kemacetan lalu lintas di akses jalan penghubung Ciputat-Lebak Bulus antara lain dipicu tingginya volume kendaraan yang melintas serta adanya antrean di putaran balik (U-turn) depan kampus UIN Jakarta, Pasar Gintung, dan putaran Sandratex.

Sementara itu Sulistiyono, warga Kelurahan Cipayung, Kecamatan Ciputat, Tangsel mengatakan jalur MRT hingga Ciputat dapat dilengkapi dengan 3 stasiun atau halte, yaitu di Pasar Gintung, kampus UIN Jakarta dan Pasar Ciputat.

Dari ketiga lokasi stasiun tersebut ada dua yang memungkinkan dibangun park and ride, tempat parkir kendaraan pribadi yang terintegrasi dengan moda angkutan umum, yakni di kampus UIN Jakarta dan Pasar Ciputat.

Sebab, lanjutnya, kini UIN Jakarta sedang mengerjakan proyek besar pengembangan kampus di area bekas perumahan dosen dan Pemkot Tangsel juga sedang merencanakan proyek revitalisasi Pasar Ciputat.

Keinginan warga agar proyek pembangunan MRT Jakarta diperpanjang jalurnya dari Lebak Bulus ke wilayah Ciputat direspons Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany. Ia pun menyampaikan hal itu ke Pemprov DKI Jakarta.

Airin menemui Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/1/2018).

“Ini permintaan warga, saya, dan juga Pemkot Tangsel, menyusul Terminal Lebak Bulus menjadi depo MRT. Harapan kami, MRT tidak berhenti sampai di Lebak Bulus, tetapi bisa dilanjutkan ke Pasar Jumat, Ciputat dan sekitarnya,” ujarnya.

Jika MRT tidak memungkinkan diperpanjang ke wilayah Tangsel, ia sangat berharap agar Pemprov DKI Jakarta memperpanjang jalur kereta ringan light rail transit (LRT).       

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper