Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov DKI Bujuk Anggota REI Ikut Proyek TOD

Pemeritah Provinsi DKI Jakarta mengajak para pengusaha yang tergabung dalam asosiasi Real Estate Indonesia untuk bergabung dalam proyek transit oriented development.
Warga melintas di dekat spanduk iklan rumah susun dengan konsep transit oriented development (TOD) di Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Senin (2/10)./JIBI-Nurul Hidayat
Warga melintas di dekat spanduk iklan rumah susun dengan konsep transit oriented development (TOD) di Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, Senin (2/10)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemeritah Provinsi DKI Jakarta mengajak para pengusaha yang tergabung dalam asosiasi Real Estate Indonesia untuk bergabung dalam proyek transit oriented development.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengajak para pengusaha di bidang pembangunan perumahan asosiasi Real Estate Indonesia (REI) untuk ikut membangun berbagai proyek infrastruktur di Ibu Kota sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Adapun untuk mewujudkan hunian yang humanis maka pembangunan perumahan ini ke depan harus memiliki lokasi yang berdekatan dengan pusat transportasi umum.

Hal ini yang sedang diwujudkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI melalui proyek transit oriented development (TOD) yang akan dibangun di beberapa daerah seperti Dukuh Atas, Jakarta Pusat. "Kita akan mendorong para pengusaha untuk bisa terhubung dengan salah satu [proyek] stasiun Mass Rapid Transit [MRT]," kata Sandi, Kamis (18/1/2018).

Menurutnya, rumah di masa yang depan harus difasilitasi oleh sarana dan prasarana yang memadai seperti akses transportasi yang dekat, pusat perbelanjaan, kesehatan terintegrasi dalam satu lingkungan.

Selain itu, perumahan yang akan dibangun nanti harus menerapkan green concept (ramah lingkungan) yang ditunjang oleh ruang terbuka hijau, bak pengelolaan sampah berkelanjutan, dan menerapkan berbagai inovasi terbaru di bidang real estate. Dengan demikian, Pemprov DKI mengajak REI untuk membuat cetak biru dari pembangunan perumahan di Ibu Kota berbasis TOD.

Dia menjelaskan untuk mendorong ketertarikan pengembang untuk bergabung dalam proyek TOD ini maka pemerintah akan memberikan berbagai kemudahan seperti perizinan dan insentif dalam peningkatan koefisien lantai bangunan (KLB).

"Kita ingin cepat [pembangunan] sehingga menciptakan lapangan pekerjaan sehingga ekonomi dapat bergerak. Nanti bapak-bapak [anggota REI] kalau sudah sukses bayar pajak pak [untuk meningkatkan pajak dan retribusi daerah]," imbuhnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Estate Indonesia (DPP REI) Soelaeman Soemawinata mengatakan jika asosiasinya akan mendukung seluruh program pemerintah. "Saya sudah berkali-kali bicara di semua daerah bahwa REI akan mendukung seluruh kebijakan pemerintah yang pro rakyat dan kita ingin ikut serta berpartisipasi untuk bangsa ini," kata Soelaeman Kamis (18/1/2018).

Dia mengungkapkan telah memerintahkan kepada dean pengurus REI di daerah untuk mendukung program pemerintah. REI berkomitmen untuk terus bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan melakukan pemantauan dan pedampingan terhadap jalannya kerja sama antara keduanya.

"Kita sebagai perusahaan swasta akan selalu mendukung, karena memang kita ingin mengikuti regulasi yang ada," ungkapnya.

Seperti diketahui, beberapa perusahaan yang akan berkolaborasi dengan program pemerintah seperti down payment nol rupiah dan TOD, yaitu PT Adhi Persada Property, PT Agung Podomoro Land, PT Alam Sutera Realty, PT Ahimsa Persada Nusantara, Ciputra Group, Eureka Group, dan Gapura Prima Group.

Adapun beberapa perusahaan lainnya seperti PT HK Realtindo, Intiland Group, Jakarta Propertindo, Lippo Group, PT Metropolitan Land, MSH Group, PD Pembangunan Sarana Jaya, Perumnas, PT PP Property, PP Urban, Relife Property, Riyadh Group Indonesia, Sinarmas Group, dan PT Waskita Karya Realty.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper