Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Ajak Warga Jakarta Jadi Pengusaha

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong warga Ibu Kota agar bisa menjadi pebisnis dengan ikut dalam program One Central for Enterpreneurship.
Pekerja melakukan proses pembuatan tahu di Jakarta, Senin (8/1)./JIBI-Nurul Hidayat
Pekerja melakukan proses pembuatan tahu di Jakarta, Senin (8/1)./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendorong warga Ibu Kota agar bisa menjadi pebisnis dengan ikut dalam program One Central for Enterpreneurship.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan menggenjot program One Central for Enterpreneurship (OK OCE) sampai dengan akhir tahun ini. Adapun target yang ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencapai 40.000 peserta pelatihan sampai dengan akhir 2018 nanti.

"Jangan kasih kendor, kita kejar 1 Februari mulai pendaftarannya secara besar-besaran di setiap kecamatan. Kami arahkan kepada seluruh masyarakat yang ingin gabung, termasuk [sopir] angkot yang telah menyatakan ingin ikut program OK OCE, mereka punya keinginan untuk naik kelas," kata Sandi, Rabu (31/1/2018).

Program OK OCE ini akan menghadirkan sebanyak 250 pelatih selama pelatihan ini berlangsung. Adapun jumlah tersebut merupakan perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sandi menyebut gerakan OK OCE ini dapat diselenggarakan di 44 kecamatan seluruh wilayah Jakarta. Pihaknya memberikan berbagai kemudahan perizinan kepada para peserta ini dalam menjalankan bisnisnya kelak.

"Kami ingin agar lapangan kerja bisa tercipta, [dengan demikian] pertumbuhan ekonomi Jakarta akan mendekati sebesar 7%. Selain itu, jumlah pengangguran dapat ditekan hingga di bawah 7% dan angka kemiskinan ditekan di bawah 37%," ungkapnya.

Menurut Sandi warga Ibu Kota yang ingin mendaftar program OK OCE dapat mengakses melalui situs resmi di www.okoce.me atau bisa mendatangi kantor kecamatan terdekat. Ada sebanyak 16 sektor ekonomi kreatif yang bisa dikerjakan oleh para calon pengusaha ini seperti kuliner, kecantikan, fesyen, pariwisata, jasa, perdagangan, dan lain-lain.

Pelatihan pertama program One Central for Enterpreneurship  telah dilaksanakan pada Desember tahun lalu dengan dihadiri oleh 2.200 peserta. Adapun pelatihan yang akan diberikan, yakni mengasah mental dan pola pikir seorang entrepreneur, pilihan jenis usaha, menguji ide usaha, serta pendampingan dalam berwirausaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper