Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenaikan Harga Daging Ayam Kerek Inflasi DKI Januari 0,43%

Di tengah kenaikan harga-harga komoditas pangan, inflasi ibukota pada bulan pertama tahun 2018 cukup terkendali.

Bisnis.com, JAKARTA--Di tengah kenaikan harga-harga komoditas pangan, inflasi ibukota pada bulan pertama tahun 2018 cukup terkendali.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Donny P. Joewono mengatakan Inflasi Jakarta pada Januari 2018 tercatat sebesar 0,43% (mtm) atau 3,14% (yoy).

"Walau lebih tinggi dibandingkan rata-rata tiga tahun sebelumnya [0,27% mtm], perkembangan inflasi di DKI Jakarta lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional, yang tercatat sebesar 0,62% [mtm]," katanya dalam siaran pers, Kamis (1/2/2018).

Meningkatnya inflasi kelompok volatile food menjadi penyumbang utama inflasi bulan ini. Hal ini tercermin dari inflasi kelompok pengeluaran bahan makanan yang mencapai 2,28% (mtm).

Menurutnya, kenaikan harga daging ayam ras dan beras menjadi pemicu utama inflasi kelompok pengeluaran ini. Masing-masing komoditas tersebut naik sebesar 5,39% dan 6,27% (mtm).

"Kenaikan harga daging ayam ras disebabkan oleh dampak lanjutan dari berkurangnya pasokan Day Old Chick (DOC), serta distribusi vaksin ayam yang belum merata," imbuhnya.

Adapun, kenaikan harga beras disebabkan oleh menurunnya pasokan beras dari daerah produsen.

Saat ini, tanaman padi di beberapa daerah sentra utama masih dalam masa tanam, yang berdampak pada terbatasnya pasokan.

Namun, kata Donny, langkah BUMD pangan DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya, menahan gejolak harga beras lebih lanjut di Ibukota.

"Hal ini melalui tata kelola stok manajemen di Pasar Beras Induk Cipinang, kegiatan operasi pasar beras bersama Bulog, pengawasan di gudang-gudang dan komunikasi yang baik kepada masyarakat," kata Donny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler