Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akhir Pekan Ini, The Indonesia Coffee Expo 2018 Digelar

Pecinta kopi di Ibu Kota bergembiralah. Akhir pekan ini, Anda dapat menikmati keanekaragaman kopi nusantara dalam festival Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018, yang diadakan oleh Koperasi Komunitas Kopi Indonesia, dan berlangsung di Blok M Square Jakarta Selatan selama tiga hari pada Jumat s.d Minggu (2-4 Februari 2018).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Pecinta kopi di Ibu Kota bergembiralah. Akhir pekan ini, Anda dapat menikmati keanekaragaman kopi nusantara dalam festival ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’, yang diadakan oleh Koperasi Komunitas Kopi Indonesia, dan berlangsung di Blok M Square Jakarta Selatan selama tiga hari pada Jumat hingga Minggu (2-4 Februari 2018).

Menteri Pariwisata  Arief Yahya memberikan apresiasi terhadap penyelenggaraan pameran kopi dengan mengambil tema  ‘Saatnya Kerja untuk Kopi  Indonesia’. Kegiatan ini dianggap dapat membuka cakrawala dan cara pandang para pengunjung dan peserta terhadap keanekaragaman per-kopian Indonesia serta potensi bisnisnya yang besar.  

“Tema ini merupakan tantangan bagi semua pihak, terutama komunitas kopi Indonesia,  bagaimana kopi nusantara unggul di pasar global dan memenangkan persaingan dengan negara lain,” ujarnya, seperti dikutip, Jumat (2/2/2018).

Menpar menjelaskan, kopi Indonesia merupakan salah satu komoditas potensial yang mendunia, namun secara prestasi dunia masih menduduki nomor 4 setelah Brazil, Columbia, dan Vietnam.

Untuk memenangkan persaingan kuliner dengan negara lain, dia menilai perlu dilakukan tiga hal pertama;  menetapkan top five  makanan nusantara yaitu soto, rendang, nasi goreng, sate, dan gado-gado.

Kedua  adalah menetapkan minuman nusantara. Kemenpar sepakat menjadikan kopi sebagai minuman nasional dengan alasan  setiap  daerah di Indonesia memiliki jenis kopi masing-masing yang top.

“Setiap ikut pameran di luar negeri, Kemenpar melalui pelaku usaha selalu menghadirkan kopi-kopi berkualitas dari berbagai daerah di Indonesia,” kata  Arief Yahya.

Adapun  upaya ketiga adalah menetapkan destinasi kuliner di Indonesia. Kemenpar telah menetapkan top 3 destinasi wisata kuliner yaitu; Bali, Bandung, Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang). 

Ketua Panitia Penyelenggaraa acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ Adji Gutomo mengatakan, potensi bisnis kopi Indonesia sangat besar dan bila didetailkan ada 15 nomenklatur bisnis mulai dari  penanaman, pengelolaan paska panen, penjualan kopi, pengelolaan kedai kopi, desain dan perlengkapan  kedai kopi, merchandise, oleh-oleh khas  daerah, lukisan, pengharum ruangan, hingga bahan campuran pembuatan pakaian. 

Penyelenggaraan acara ‘Kopiunited: The Indonesia Coffee Expo 2018’ merupakan hasil kerjasama  antara Koperasi Komunitas Kopi Indonesia sebagai penyelenggara utama, bermitra dengan Blok M Square Jakarta sebagai venue offline yang akan merintis menjadi Mall Kopi Indonesia, dan Tokopedia sebagai venue online para petani dan pengusaha kopi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper