Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pebisnis Tangkap Peluang Usaha di Asian Games 2018

Pelaku bisnis mempersiapkan diri untuk terintegrasi secara ekonomi dengan momen Asian Games 2018.
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR
Penataan Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta jelang Asian Games 2018./Dok. PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaku bisnis mempersiapkan diri untuk terintegrasi secara ekonomi dengan momen Asian Games 2018.

Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, menjelaskan bahwa pelaku bisnis di sektor ritel, pariwisata, transportasi mendukung upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menyukseskan acara Asian Games 2018.

"Sudah melakukan pembicaraan dengan Indonesian Asian Games Organizing Committee [Inasgoc]," kata Hariyadi, Rabu (7/2/2018).

Inasgoc adalah pihak yang bertanggung jawab terhadap perhelatan Asian Games pada tahun ini. Acara empat tahunan ini akan diadakan pada 18 Agustus 2018 dengan diwakili oleh 45 negara dan memperebutkan medali untuk 40 cabang olahraga.

Hariyadi menyampaikan beberapa pelaku bisnis yang tergabung dalam beberapa asosiasi telah bergabung dengan Inasgoc. Adapun beberapa asosiasi itu, yakni Apindo, PHRI, Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita), Organisasi Pengusaha Angkutan Darat (Organda), Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo), dan lain-lain.

"Itu sudah bergabung semuanya," ungkapnya.

Dikatakan, pembicaraan mengenai bagaimana pelaku bisnis memanfaatkan peluang dari Asian Games tidak terlalu banyak muncul di permukaan, namun sebenarnya para pengusaha ini telah melakukan persiapan yang matang.

Hariyadi menambahkan bahwa pembahasan Asian Games 2018 bahkan sampai hal yang terkecil, seperti detail cabang olahraga yang diperkirakan akan menarik perhatian wisatawan lokal dan internasional. Dia mencontohkan sepak bola, para pelaku bisnis telah membicarakan sampai dengan urusan tiket pertandingan, tiket pesawat, hotel, dan pusat perbelanjaan untuk mengakomodasi kebutuhan saat Asian Games berlangsung.

"Jadi mudah-mudahan dampak Asian Games ini kita usahakan semaksimal mungkin untuk seluruh masyarakat dan untuk industrinya," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler