Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TransJakarta Segera Luncurkan Bus Bodi Aluminium

PT Transportasi Jakarta akan meluncurkan bus dengan badan berbahan aluminium. Bahan ini dipilih untuk memenuhi kebutuhan bus yang dapat menampung lebih banyak penumpang.
Para pekerja sedang mengerjakan bus pesanan Transjakarta di Karoseri Nusantara Gemilang, Demak, Jawa Tengah, pada Selasa (13/2/2018)/Bisnis.com-Annisa Sulisyto Rini
Para pekerja sedang mengerjakan bus pesanan Transjakarta di Karoseri Nusantara Gemilang, Demak, Jawa Tengah, pada Selasa (13/2/2018)/Bisnis.com-Annisa Sulisyto Rini

Bisnis.com, DEMAK – PT Transportasi Jakarta akan meluncurkan bus dengan badan berbahan aluminium. Bahan ini dipilih untuk memenuhi kebutuhan bus yang dapat menampung lebih banyak penumpang.

Wijanarko, Direktur Teknik & Fasilitas Transjakarta, mengatakan bus dengan body plat aluminium ini lebih ringan 200-500 kilogram dibandingkan dengan pelat baja sehingga penumpang yang bisa ditampung lebih banyak dan juga memiliki kelebihan hemat bahan bakar, memperpanjang usia ban, serta mengurangi polusi. Badan bus berbahan aluminium ini dapat bertahan selama 10 tahun.

"Kami ingin bus yang memiliki muatan lebih besar. Selain menggunakan aluminium, nanti model bus kami akan menampung penumpang lebih banyak di depan, seperti bus di bandara," ujarnya dalam kunjungan ke Karoseri Nusantara Gemilang di Demak, Jawa Tengah, Selasa (13/2/2018).

Karoseri Nusantara Gemilang mengerjakan bus milik Transjakarta sebanyak 101 unit dengan body berbahan aluminium. Jumlah tersebut merupakan bagian dari 300 unit bus baru yang dipersiapkan untuk mendukung gelaran Asian Games 2018.

Wijanarko menyebutkan 101 unit bus yang dikerjakan oleh karoseri ini merupakan bus low deck dan akan digunakan sebagai bus pengumpan atau feeder. Transjakarta menggunakan chassis bus dari Mercedes Benz dan Scania.

Adapun, untuk bodi berbahan aluminium masih diimpor dari luar negeri karena industri domestik belum mampu memproduksi bodi untuk bus. "Bodi aluminium didatangkan dari Swiss, ada distributornya di Malaysia untuk Asia Pasifik," kata Wijanarko.

Budi Kaliwono, Direktur Utama Transjakarta, mengatakan sebelumnya bus-bus milik perseroan menggunakan plat baja. Perseroan memutuskan menggunakan aluminium setelah menemukan produk plat yang berkualitas tinggi.

Bus low deck dengan body aluminium ini akan diluncurkan pada April atau Mei tahun ini. Dengan demikian, tamu-tamu Asian Games sudah bisa menggunakan fasilitas bus terbaru.

"Nanti bus low deck ini digunakan untuk jalan-jalan utama yang belum dilewati Transjakarta, seperti Jalan Diponegoro, Menteng. Namun, kami masih berdiskusi dengan Dinas Perhubungan," katanya.

Selain itu, bus low deck ini akan dioperasikan untuk menyambungkan koridor-koridor Transjakarta yang tidak tersambung dan beroperasi di jalur biasa atau tidak masuk jalur khusus (busway).

Di setiap unit bus akan dilengkapi dengan mesin tap yang digunakan untuk membayar biaya perjalanan menggunakan uang elektronik berbasis kartu.

Lebih jauh, Budi menyatakan harga per unit bus ber-body berbahan aluminium tidak jauh beda dibandingkan dengan bus yang memiliki bodi dari steel atau baja. Harga satu unit bus dengan bodi aluminium sekitar Rp2,1 miliar.

Saat ini, Karoseri Nusantara Gemilang baru menyelesaikan satu unit bus purwarupa dan sebanyak 20 chassis sudah masuk pengerjaan. Untuk 1 unit bus low entry membutuhkan waktu pengerjaan selama 3 hingga 4 bulan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper